Sukses

Cermati Prosedur Pemasangan Ring Jantung di Video Ini

Pemasangan ring pada jantung merupakan upaya melebarkan pembuluh darah koroner yang tersumbat atau menyempit di bagian jantung.

Liputan6.com, Jakarta Tak terlihat saat Presiden Jokowi membacakan paket kebijakan ekonomi tahap satu September 2015, Rabu (9/9/2015) petang kemarin, beredar kabar jika Wakil Presiden Jusuf Kalla dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan menjalani rawat inap di sana. Menurut salah satu sumber Istana, JK melakukan prosedur pemasangan ring jantung.

Hal itu dibenarkan JK saat memberikan keterangan kepada jurnalis terkait sakit yang dialaminya, sesaat sebelum meninggalkan RSCM. Menurutnya, waktu yang diperlukan untuk memasang ring tidak lama, hanya 30 menit. Beliau bahkan menganjurkan agar individu yang juga memerlukan pengobatan yang sama untuk tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. (Baca: JK: Wapres Kan Manusia Biasa, Bisa Sakit Juga)

"Iya ada sedikit ring satu, di sini satu tahun mengerjakan 1.600 ring, biasa saja. Setengah jam selesai. Kalau Anda datang enggak usah ke Singapura, sini aja," tuturnya, Kamis (10/9/2015) pagi.

Pemasangan ring pada jantung merupakan upaya melebarkan pembuluh darah koroner yang tersumbat atau menyempit di bagian jantung. Ring tersebut akan membuka pembuluh darah sehingga jantung bisa kembali menerima suplai darah dan oksigen yang cukup.

Tindakan pemasangan ring yang dikenal dengan nama Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) ini dilakukan dengan memasukkan kateter (selang kecil ke dalam pangkal paha atau lengan setelah sebelumnya dilakukan penyuntikan anestesi ke pangkal paha dalam dan zat yang mengandung iodin untuk menemukan lokasi yang tersumbat dan memudahkannya terlihat di layar X-ray.

Dokter lantas mengarahkan kateter secara hati-hati ke arteri yang menyempit atau tersumbat di jantung. Setelah itu dimasukkan kateter kedua yang dilengkapi balon serta stent atau ring jantung. Kateter tersebut disambungkan pada kateter pertama yang sudah lebih dulu dimasukkan, dikutip dari Webmd, Kamis (10/92015).

Kateter kedua yang dilengkapi balon harus mencapai bagian yang tersumbat sehingga balon dapat ditiupkan untuk melebarkan bagian tersebut dan ring bisa diletakkan di sana.

Ring jantung yang dipasang berbentuk jalinan logam kecil menyerupai tabung. Karena bentuknya yang seperti jalinan itu maka ring jantung menjadi mudah membesar ketika balon yang mengangkutnya ditiup. Ring ini berfungsi menyangga pembuluh darah agar tetap terbuka sehingga suplai darah dan oksigen dapat kembali lancar. 

Lebih jelasnya, simak video berikut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.