Sukses

Hebatnya ASI, Mampu Tangkis Bahaya Polusi

Manfaat ASI kembali terkuak.

Liputan6.com, Maryland Paparan polusi kendaraan bermotor bisa berbahaya bagi janin, terutama nitrogen dioksida dan partikel airborne yang berdampak pada perkembangan mental dan motorik saat bayi lahir. Namun, hal itu bisa dihindari dengan menyusui anak terutama di empat bulan pertama kehidupannya.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2006 oleh Basque Country University di Aitana Lertxundi dari Spanyol. Para peneliti melakukan analisis terhadap 638 wanita yang mengandung hingga mereka melahirkan.

Saat masih dalam kandungan, janin dapat menyerap partikel polutan yang sangat kecil. "Pada saat dalam kandungan, sistem saraf sedang dibentuk dan (janin) tidak memiliki mekanisme detoksifikasi untuk menghilangkan racun yang masuk," terang peneliti seperti dilansir Science Daily, Jumat (29/5/2015).

Penelitian terus berlanjut hingga bayi lahir dan hingga sekarang. Ternyata, bayi yang menyusu ASI tidak berpotensi mengalami bahaya yang mungkin ditimbulkan dari polusi materi partikel dan nitrogen dioksida. 

 

Baca juga

Kandungan ASI Ampuh Cegah Anak Derita Alergi

Studi: Konsumsi ASI Cerdaskan Ribuan Bayi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini