Sukses

Sogokan Uang Efektif Bikin Berhenti Merokok?

Partisipan yang berhasil berhenti merokok dengan sejumlah uang, sedangkan bila tak mampu diancam akan kehilangan uang.

Liputan6.com, New York Banyaknya dampak buruk dari merokok membuat para peneliti tak patah arang untuk mencari cara efektif membuat perokok tak lagi menyentuh batang rokok. Baru-baru ini ada sebuah studi yang menemukan cara terbaik agar orang berhenti merokok dengan menyuap alias menyogok mereka.

Dalam studi yang diterbitkan New England Journal of Medicine, para peneliti menantang partisipan yang berhasil berhenti merokok dengan sejumlah uang, sedangkan bila tak mampu diancam akan kehilangan uang.

Peneliti membandingkan lima teknik berhenti merokok yang berbeda pada lebih dari 2000 karyawan. Di antara teknik tersebut, teknik yang membayarkan sejumlah uang tunai jika bisa berhenti merokok paling berhasil.

"Ternyata keengganan untuk kehilangan uang lebih besar," terang pemimpin penulisan dari Perelman School of Medicine at the University of Pennsylvania, Scott Halpern, seperti dikutip laman Time, Sabtu (16/5/2015).

 

Baca juga

Ada Semiliar Orang di Dunia yang Merokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.