Sukses

5 Manfaat Kenari, Turunkan Kolesterol dan Bikin Wanita Subur

Kenari mengandung antioksidan lebih besar dari jenis kacang-kacangan lain yang dapat lindungi tubuh dari virus atau bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Jadikan kenari sebagai camilan sehari-hari. Selain menimbulkan rasa kenyang lebih lama, satu studi di Amerika menunjukkan konsumsi segenggam kenari sehari juga menjaga kesuburan wanita.

Kenari mengandung antioksidan dua kali lebih besar dari jenis kacang-kacangan lainnya, yang melindungi tubuh dari virus atau bakteri penyebab penyakit. 

Sebuah studi yang dilakukan Joe Vinson dari Universitas Scranton menyimpulkan, selain memiliki antioksidan, kenari pun memiliki kandungan alpha linolenic acid (ALA) yang mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut Joe, semakin tinggi jumlah ALA dalam tubuh, semakin rendah pula risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut kegunaan lain dari kenari yang disampaikan Joe seperti dikutip Health Me Up, Rabu (22/4/2015Z)

1. Kurangi kolesterol

Kenari meningkatkan lipid serum tubuh yang mampu mengurangi kolesterol jahat. Menurut laporan PubMed (O'Brien, 2014), kenari bermanfaat bagi mereka yang berusia dewasa, yang begitu takut kadar kolesterol jahat melonjak.

2. Mencegah inflamasi

Kenari memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit inflamasi seperti asma, psiorisis, eksim, dan rheumatoid arthritis. 

3. Mencegah diabetes

Kenari menurunkan risiko diabetes tipe dua pada wanita. Karena kenari membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Mencegah sembelit

Kenari merupakan kacang tinggi serat yang memiliki efek pencahar, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

5. Mencegah kanker prostat

Penelitian terbaru yang dipublikasikan ke dalam jurnal Cancer Investigation menunjukkan, konsumsi 56 gram kenari setiap hari bisa mencegah kanker prostat dan menghambat timbulnya tumor. 

 

Baca juga: 

Tak Cuma Kaya Vitamin C, Nanas Punya 5 Manfaat Baik Lain

5 Manfaat Bayam yang Sayang untuk Diabaikan

5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun

5 Manfaat dari Secangkir Anggur Merah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.