Sukses

5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Liputan6.com, New York- Selama ini, kopi selalu lekat sebagai minuman yang dapat membangunkan tubuh dari rasa kantuk. Kebiasaan ini pun terus diteliti apakah ada dampak baik atau buruknya bagi kesehatan manusia.

Ternyata, ditemukan beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi bagi tubuh. Dilansir dari Today, Selasa (3/3/2015) berikut manfaat kopi.

1. Melindungi organ hati dari penyakit primary sclerosing cholangitis, serta kemungkinan menangkal efek berbahaya dari minuman beralkohol seperti yang diungkapkan dalam sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.

2. Meningkatkan jumlah globulin yang dapat menurunkan risiko diabetes. Beberapa studi tentang kopi dan diabetes hasilnya konsisten, yakni peminum kopi memiliki risiko diabetes yang lebih rendah. Hal ini disebabkan bukan karea efek kafein, melainkan efek antioksidan dan polifenol yang terdapat dalam kopi.

3. Minum dua cangkir kopi sehari menurunkan risiko gagal jantung menurut review dari lima penelitian.

4. Terdapat kemungkinan, konsumsi kopi dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker. Diantaranya, menurunkan risiko seseorang terkena kanker hati dan prostat.

5. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi membuat stamina seseorang yang sedang berolahraga bisa bertahan lebih lama dan semangat.

 

Namun perlu diperhatikan, pastikan konsumsi kopi Anda tak berlebihan. 

Loading