Sukses

Mencoba Tak Produktif Beberapa Saat Tiap Hari Bikin Anda Sehat

Bermain-main hingga tangan kotor dan lakukan hal tak produktif bisa membuat hidup lebih sehat dan sejahtera. Benarkah?

Liputan6.com, London Tangan kotor tak selalu buruk. Anda malah sebisa mungkin membiarkan tangan kotor untuk mendapatkan keuntungan darinya. Tak hanya membiarkan tangan kotor, usahakan Anda tak produktif beberapa waktu setiap harinya untuk otak Anda.

Itulah yang tercantum dalam buku The New Health Rules. Buku tersebut menawarkan 175 tips untuk mengendalikan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan pembaca.

Alasan membiarkan tangan kotor adalah tubuh sebenarnya membutuhkan mikroba dari luar untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dan sebagian besar dari kita hidup terlalu sering hidup di dalam (rumah, mobil, kantor), dan sering menghirup udara yang diproses.

Cobalah menggali di taman, bermain pasir, dan berjungkir balik di halaman kapan pun Anda bisa.

Penulis Buku Dr Frank Lipman, yang juga seorang ahli di bidang kedokteran integratif dan fungsional dari New York, mendesak orangtua membiarkan anak-anaknya bermain di luar dan orang dewasa juga bisa mendapat manfaatnya dengan tangan kotot.

Menurutnya, kuman dan bakteri di luar sana penting untuk mikrobiome seseorang, mikroorganisme yang hidup di dalam tubuh.

"Kami sekarang mulai memahami lebih lanjut tentang mikrobiome," ujar Dr Lipman kepada Mailonline, Rabu (11/2/2015).

"Ada lebih banyak bakteri dalam tubuh kita daripada sel - sistem besar organisme.

"Jika Anda meminum antibiotik, mencuci tangan dengan bahan kimia tertentu karena Anda takut kuman, semua yang Anda lakukan itu membunuh bakteri baik yang dibutuhkan tubuh," katanya.

Menurutnya, selingan antara tubuh dan bakteri baik ini sangat penting dalam menjaga kesehatan.

"Jadi bermain di tanah, mendorong anak-anak Anda melakukan, keluar berkebun, berjalan tanpa alas kaki, ini semua biasa kami lakukan.

"Kebanyakan hal telah hilang karena gaya hidup modern," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cobalah Tak Produktif


Tak Lakukan Apapun

Dr Lipman tak hanya menganjurkan bermain kotor. Ia juga menuliskan untuk tak produktif.

Menurutnya, organ yang paling membutuhkan perawatan dan pemulihan itu adalah otak. Karena itu, Anda membutuhkan hari yang tidak produktif. Anda tak perlu menulis apa yang haru dilakukan, tak menelepon dan tak ada komputer.

Ini mirip dengan memberikan libur pada otot Anda dari latihan beban agar kembali lebih kuat.

Apabila satu hari tampaknya membuat Anda gila. Cobalah gunakan beberapa jam untuk melakukan sesuatu yang tampaknya seperti membuang-buang waktu. Contohnya berjalan di tanah yang datar, duduk di rumput dengan buku, atau melihat orang di kafe.

"Ini benar-benar memberikan otak dan sistem saraf istirahat, kita semua selalu sibuk dan lupa bagaimana bersantai," kata Dr Lipman.

"Otak kita dioverdrive begitu banyak waktu, hal tersebut sangat penting untuk mematikan - tidak membaca, tidak menonton TV.

"Ini memberikan tubuh Anda waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri."

3 dari 4 halaman

Pekerjaan yang Dicintai


Lakukan Pekerjaan yang Anda Sukai

Kita semua berpikir tak punya waktu. Tapi, sebenarnya kebanyakan dari kita menemukannya di suatu tempat.

Melakukan sesuatu yang Anda sukai hanya 10 menit sehari bisa untuk menyembuhkan. Apakah itu bermain musik dan menarik di ruang tamu. Lakukan dengan sengaja seperti minum suplemen.

"Ada orang yang dalam kehidupannya mencintai pekerjaan mereka.

"Tapi ada orang lain yang tak memiliki pekerjaan yang mereka cintai.

"Ini tidak realistis untuk mengatakan orang-orang harusnya dalam karir yang mereka sukai, sehingga sangat penting untuk mencurahkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda lakukan dengan cinta.

"Saran saya adalah melakukan sesuatu yang Anda cintai setiap hari, itu adalah semangat, baik untuk hormon Anda, mempromosikan bahan kimia bahagia, dan yang realistis, dan sesuatu yang kita semua dapat mencapai," kata Dr Lipman.

4 dari 4 halaman

Baca Label Sabun


Baca Label Sabun Cuci Piring

Beberapa sabun mengandung antibakteri yang disebut triclosan. Tapi, menggabungkannya dengan air yang telah diobati klroin, hasilnya adalah kloroform, karsinogen potensial.

Selain itu waspadai jika ada label quaternium-15, yang dapat melepaskan formalin. Aduk sabun cuci piring Anda jika mengandungnya.

"Masalahnya adalah banyak sabun tangan memiliki bahan kimia di dalamnya, yang utama adalah triclosan.

"Ini adalah pengganggu endokrin, yang memengaruhi hormon, terutama hormon tiroid serta hormon seks estrogen dan progesteron," kata Dr Lipman.

Bahan kimia tersebut, lanjut Dr Lipman, tak hanya membunuh bakteri baik di tangan Anda, tapi juga membuat Anda lebih rentan terhadap yang super resisten.

"Mereka hanya membunuh bakteri, bukan virus, dan efek sampingnya pada sistem hormonal yang terkenal.

"Mengapa Anda menggunakan sesuatu dengan bahan kimia ini yang memiliki pengaruh ketika sabun dan air sama efektifnya tapo tanpa efek negatif," ujar Dr Lipman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.