Sukses

Gaya Berenang Terbaik Bertahan Hidup di Laut

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang tak mungkin selamat dari kecelakaan pesawat di laut. Apabila pesawat jatuh ke laut dan penumpang berhasil menyelamatkan diri, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Lakukan tindakan berikut ini setelah berhasil keluar dari pesawat. Entah itu berada di air atau di perahu karet.

Apabila korban selamat berada di dalam air laut tak ada perahu karet, cobalah cari barang yang bisa membuat mengambang. Temukan puing besar yang mengambang dan berusaha rileks. Seseorang yang tahu caranya untuk santai di air laut sangat sedikit kemungkinannya untuk tenggelam.

Kemampuan alami tubuh untuk mengapung setidaknya akan mempertahankan bagian atas kepala di atas air, tapi beberapa gerakan diperlukan untuk menjaga wajah berada di atas air.

Mengambang dengan punggung Anda akan membutuhkan energi yang sangat sedikit. Berbaring terlentang di dalam air, lebarkan tangan dan kaki, dan lengkungkan tubuh Anda. Kontrol pernapasan Anda masuk dan keluarnya. Posisi ini akan membuat wajah di luar air dan korban bisa tidur dengan posisi tersebut dalam waktu singkat.

Kepala sebagian akan terendam tapi wajah di atas air. Apabila korban tak bisa mengapung dengan punggung atau ombak laut kencang, cobalah mengapung telungkup di air.

Berikut beberapa gaya berenang terbaik untuk bertahan hidup seperti dilansir Discoveryuk, Rabu (31/12/2014).

1. Dog paddle



Gaya berenang ini sangat baik ketika mengenakan pakaian atau jaket pelampung. Meskipun kecepatannya lambat, ini membutuhkan sedikit energi.

2. Dada



Gunakan gaya ini untuk berenang di bawah air, melalui minyak atau puing-puing dan laut yang berombak. Ini mungkin menjadi langkah terbaik untuk berenang dalam waktu lama. Ini memungkinkan Anda menghemat energi dan mempertahankan kecepatan yang wajar.

3. Gaya Samping


Ini gaya yang bisa membantu karena Anda menggunakan satu tangan untuk mempertahankan momentum dan daya apung.

4. Punggung



Gaya ini sangat baik. Ini mengurangi penggunaan otot-otot.  Gunakan gaya ini apabila ada kemungkinan ledakan di bawah air.