Sukses

Ciuman Bisa Tularkan 80 Juta Bakteri

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang berciuman lebih dari 9 kali dalam sehari paling mungkin untuk berbagi bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah fakta menarik dikeluarkan oleh para ilmuwan Belanda tentang ciuman. Menurut mereka seperti dikutip dari BBC pada Senin (17/11/2014), ciuman bisa mentransfer 80 juta bakteri sekaligus.

Para peneliti memantau gaya berciuman 21 orang dan mengambil sampel bakteri dari lidah dan air liur sebelum dan setelah ciuman selama sekitar 10 detik. Selain itu, para peneliti juga memantau seberapa sering seseorang berciuman.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berciuman lebih dari 9 kali dalam sehari paling mungkin untuk berbagi bakteri.

"Ciuman gaya Perancis adalah contoh paling baik bagaimana bakteri dapat ditransfer," kata Prof. Remco Kort, kepala penelitian. "Tetapi hanya beberapa bakteri yang ditransfer dari ciuman yang tampaknya bersarang pada lidah," tambahnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome ini lebih lanjut mengatakan bahwa mulut memang rumah bagi lebih dari 700 jenis bakteri. Ciuman adalah salah satu cara paling efektif untuk "berbagi" bakteri tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.