Sukses

Awas, Jeruk Juga Efek Buruknya bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Jeruk nipis, jeruk pecel, lemon, hingga aneka buah jeruk dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut pasar di tanah air. Kandungan vitamin dan mineral yang baik serta harga relatif murah membuat masyarakat gemar mengonsumsi buah ini. Namun, yang jadi catatan jangan berlebihan ya mengonsumsinya.

Ternyata, di dalam buah yang dikenal kaya Vitamin C ini penting untuk menjaga kolagen dalam gusi. Sayangnya, jika makan beberapa jeruk setiap hari lalu masih minum air lemon bisa mengikis enamel pada gigi terang dokter gigi kosmetik Jennifer Jablow, D.D.S seperti dikutip dari Women's Health pada Selasa (21/10/2014).

Erosi pada enamel disebabkan oleh tingkat keasaman buah jeruk.  Bahkan menurut studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, buah jeruk jenis grapefruit lebuh bersifat erosi dibandingkan minuman berkola. Padahal enamel berfungsi penting dalam melindungi gigi.

Namun bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah jeruk-jerukan, tak perlu risau. Jablow menyarankan untuk segera minum air putih dalam jumlah banyak. Dilanjutkan dengan menggosok gigi dua puluh menit kemudian untuk mengurangi keasaman pada mulut Anda.