Sukses

Telur Rebus Setengah Matang Lebih Sehat

Konsumsi telur seperti apa yang menyehatkan?

Liputan6.com, Jakarta Dari dulu, telur dianggap sebagai langkah tepat memulai hari alias sarapan. Selain kaya nutrisi penting seperti protein, riboflavin dan selenium, telur juga mudah diolah dalam berbagai cara.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol. Faktanya, kuning telur memiliki kandungan lesitin, yang efektif menekan kadar kolesterol. Satu telur mungkin berisi 186 miligram kolesterol, namun tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya secara teratur.

Masalahnya, konsumsi telur seperti apa yang menyehatkan? Boldsky, Sabtu (16/8/2014) mengungkapkan bahwa telur rebus setengah matang lah yang paling menyehatkan. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kuning telur rebus setengah matang memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Mengonsumsi telur setengah matang dipercaya mengurangi risiko kontaminasi makanan akibat bakteri salmonella.

Meski sehat, para ahli kesehatan tidak menganjurkan wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah untuk sering mengonsumsi telur setengah matang karena nutrisi pada orang tersebut harus lebih banyak.

Asosiasi Jantung AS (American Heart Association) menimpali, telur rebus memiliki 6,3 protein yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi kandungan kolesterol dan lemaknya seiringkali menurunkan nilai gizinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini