Sukses

3 Manfaat Luar Biasa Buah Semangka

Semangka selain menyegarkan juga menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Sayang sekali jika kita tidak memanfaatkan buah yang tumbuh subur di negeri tropis ini. Tak hanya enak dan segar, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat. Demikian pula dengan buah semangka.

"Semangka mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta kalium yang membantu menjaga tekanan darah normal," tutur Cynthia Sass, MPH, RD seorang ahli nutrisi Amerika Serikat seperti dikutip laman Health, Jumat, (4/7/2014).

Selain itu, semangka punya manfaat yang mungkin belum Anda ketahui, diantaranya:

1. Kandungan likopen lebih banyak dibandingkan tomat mentah
Semangka punya kandungan likopen 1,5 lebih banyak dibandingkan tomat segar. Likopen berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Menurut beberapa penelitian, likopen yang biasanya terdapat dalam buah berwarna merah dapat membantu melawan penyakit jantung dan kanker.

2. Meredakan nyeri otot
Atlet yang mengonsumsi 16 ons semangka satu jam sebelum latihan nyeri ototnya berkurang dan detak jantung normal. Hal ini diketahui lewat penelitan di Spanyol yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Hal ini disebabkan oleh kandungan citrulline yang ternyata ada kaitannya dalam meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi dehidrasi
Tak ada yang menyangkal jika usai makan semangka langsung segar. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, semangka terdiri dari 91,5% air. Dalam The Journal of Nutrition juga disebutkan bagi perempuan yang mengalami dehidrasi ringan yang menyebabkan pusing, tak fokus, lelah dianjurkan untuk mengonsumsi semangka. (dik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.