Sukses

Buka Puasa Cukup dengan Sebiji Kurma

Konsumsi manis yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sudah menjadi kebiasaan bahwa saat buka puasa lebih enak mengonsumsi manis. Tapi ketahuilah, konsumsi manis yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Seorang Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc juga tidak menampik bahwa mengonsumsi makanan atau minuman manis setelah buka puasa memang dibolehkan. Tapi, jumlahnya yang berlebihan bisa membuat gula menjadi lemak.

"Sebiji kurma cukup, kan sesuai anjuran Nabi. Dan tentu dibarengi air putih. Ingat, saat buka puasa, lapar dan haus sulit dibedakan," kata Saptawati, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menerangkan, 1 gram gula mengandung 4 kalori, kalau membuat minuman manis minimal menggunakan 2 sendok makan atau 20 gram gula yang setara dengan 80 kalori. Berarti satu minuman manis saja sudah menambah banyak kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.