Sukses

242, Rumus Bugar Agar Kuat Jalani Puasa

Liputan6.com, Jakarta Meskipun belum ada penelitian khusus mengenai peraturan minum saat berpuasa, namun secara umum dianjurkan untuk tetap minum air putih 8 gelas per hari.

Untuk mensiasati agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa,  Health Marketing Director, Danone AQUA, dr. Pradono Handojo MHA mengenalkan rumus 2+4+2 alias minum 2 gelas saat berbuka, minum 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

"Dengan pola 2+4+2, jumlah air putih yang masuk dapat diatur secara proporsional. Angka 4 gelas juga bukan berarti minum 4 gelas sekaligus. Bisa dibagi menjadi sebelum, saat atau setelah makan malam hingga menjelang tidur," kata Pradono yang ditemui saat diskusi kesehatan Puasa Sehat Bersama Aqua di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Di sisi lain, Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc membenarkan bahwa selama puasa, tubuh kita akan banyak kehilangan cairan dan mengalami perubahan pola konsumsi karena larangan makan dan minum di siang hari. Sehingga dibutuhkan konsumsi cairan lebih untuk menghindari kekurangan cairan atau dehidrasi.

"Perlu diingat, jumlah konsumsi air putih ini tidak dapat digantikan dengan jenis minuman lain seperti minuman bersoda, manis atau mengandung kafein yang meningkat selama bulan Ramadan," ungkapnya.