Sukses

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Cobalah sedikitnya mengonsumsi satu dada ayam atau salmon fillet seharinya untuk mencegah stroke

Liputan6.com, Beijing Stroke bisa mematikan. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi setidaknya satu dada ayam atau fillet salmon dalam sehari atau sebesar 20 gram. Menurut ilmuwan cara tersebut bisa mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.

Setiap 20 gram ekstra protein yang dimakan per harinya akan mengurangi risiko stroke sekitar 26 persen.

"Satu penjelasan mungkin protein menurunkan tekanan darah," kata  Dr Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine.

Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya, termasuk protein yang bisa melindungi dari stroke.

Tapi, temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Neurology itu tak mendukung banyak konsumsi daging merah dihubungkan dengan besarnya risiko stroke. Tapi, protein hewani tampaknya lebih protektif dibanding protein nabati.

"Hasil ini menunjukkan bahwa risiko stroke bisa dikurangi dengan mengganti daging merah dengan sumber protein lain," kata Dr Liu seperti dilansir Mailonline, Sabtu (14/6/2014).

Peneliti menganalisis tujuh studi tentang diet yang melibatkan total 254.489 orang dan memantau kemajuannya rata-rata selama 14 tahun. Hasilnya, responden yang makan protein lebih banyak 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke dibanding yang sedikit mengonsumsi protein.

"Diperkirakan 1,4 juta kematian akibat stroke bisa dicegah di seluruh dunia setiap tahunnya dengan mengonsumsi protein yang lebih tinggi," katanya.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini