Sukses

Cuci Riasan Mata Sebelum Tidur Agar Mata Tak Infeksi

Jaga mata tetap sehat dengan riasan mata

Liputan6.com, Jakarta Riasan mata memang makin diminati kaum Hawa. Karena selain dapat menambah kecantikan, kosmetik mata juga bisa menyempurnakan warna mata serta menarik perhatian.

Untuk menjaga mata tetap sehat dengan riasan mata, Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre dari Singapura, Dr. Lee Sao Bing menyampaikan tips berikut:

1. Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan

"Banyak wanita peduli terhadap kebutuhan untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Namun. beberapa tidak menyadari bahwa terpapar sinar matahari dan sinar UV yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko terserang katarak dan penyakit mata lainnya. Jadi, jangan mengabaikan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan, dan selalu pilih lensa kacamata yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB," tulis Dr. Lee pada surat elektronik yang dikirimkan ke Liputan6.com, Selasa (22/4/2014)

2. Hapus riasan mata sebelum tidur

Hapus riasan mata dan cuci wajah sebelum tidur malam, karena banyak unsur dari riasan mata yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu lama. Kebiasaan ini juga dapat memelihara kesehatan kulit di sekitar mata.

3. Lepas lensa kontak sebelum tidur

Ikuti petunjuk penggunaan lensa kontak. Penyalahgunaan dalam memakai dan membersihkan lensa kontak dapat menyebabkan berbagai infeksi mata, bahkan kebutaan. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak dan gunakan cairan pembersih yang dianjurkan.

4. Gunakan lensa kontak sebelum menggunakan make up

Pengguna lensa kontak sangat dianjurkan untuk memasang lensa kontak terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan riasan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi akibat masuknya residu ke dalam mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini