Sukses

160 Kloter Jemaah Calon Haji Selesaikan Miqat di Bir Ali

Demi melancarkan proses miqat di Bir Ali, Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah mengatur strategi.

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji dari 160 kelompok terbang (kloter) telah menyelesaikan miqat dari Bir Ali, Madinah. Mereka selanjutnya akan menuju ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah Umroh dan Haji.

"Hari ini akan ada 20 kloter yang Miqat. Berarti dipastikan sampai hari ini akan selesai 160 kloter, dari total 240 kloter semuanya yang akan Miqat di Bir Ali ini," jelas Sekretaris Sektor Bir Ali PPIH Basnang Said, Rabu (24/7/2019).

Demi melancarkan proses miqat di Bir Ali, Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah mengatur strategi. Dengan menyiapkan petugas mulai dari penyambutan kedatangan, menunjukkan jalan ke Hamam-lokasi jemaah membersihkan diri- serta saat masuk ke Masjid. Hingga akhirnya jemaah kembali lagi ke bus.

Namun proses miqat jemaah di Bir Ali ini masih di luar dari target waktu. Meski secara umum, proses pengambilan niat dan ihram jemaah haji Indonesia dinilai berjalan lancar.

"Itu hanya memakan waktu 30 menit. Sebenarnya kita memperkirakan 15-20 menit tapi ternyata tidak bisa karena memang ada beberapa orang yang harus di papah dulu dipandu oleh petugas dari bis kemudian diambilkan kursi roda lalu menuju ke Masjid Bir Ali," ungkap dia.

Lebih lanjut, dia meminta jemaah haji untuk terus mengikuti arahan dari petugas selama di Bir Ali. Ini demi kelancaran proses miqat. Serta kesehatan mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas dan bisa berdampak ke jemaah haji.

"Supaya di sini jangan berpanas-panasan. Ini sekarang cuaca 43 derajat kalau kemudian tetap menunggu di situ (luar Bir Ali) nanti hawatir ada kendala dari sisi kesehatan," dia menandaskan.

Tonton Video Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.