Sukses

Kisah Mistis SBY Disorot Media Asing

Washington Post, menuliskan kisah itu dengan judul Indonesian president says he believes in witchcraft.

Kisah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pengalamannya soal sihir yang ditulis dalam buku 'Selalu Ada Pilihan' disorot media asing. Media di Amerika Serikat, The Washington Post, menuliskan kisah itu dengan judul 'Indonesian president says he believes in witchcraft'.

Penulis Vishal Arora membuka paragraf pertama artikel itu dengan kalimat yang menarik. "Susilo Bambang Yudhoyono mungkin menjadi presiden Indonesia pertama yang mengakui secara terbuka bahwa dia percaya sihir," tulis Arora seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (23/1/2014).

"Dalam memoar yang diterbitkan baru-baru ini, dia menggambarkan pertemuannya dengan ilmu hitam mirip "film horor" di kediamannya," demikian kalaimat ke dua artikel yang diunggah pada Rabu 22 Januari tersebut.

Dalam artikel itu, Washington Post juga mencatat survei pada 2012 yang dilakukan Pew Forum yang menunjukkan 69 persen warga Muslim Indonesia percaya bahwa sihir itu nyata.

"Banyak orang indonesia, termasuk pemimpinnya, sengaja pergi ke peramal untuk berkonsultasi soal karier, keberuntungan, dan pernikahan mereka," kata editor senior The Jakarta Post, Endy Bayuni, dikutip Washington Post. Meski demikian, lanjut Endy, seorang presiden mengungkapkan informasi seperti itu merupakan hal yang tidak terduga.

Cerita itu memang dipaparkan SBY dalam judul "Ancaman Terhadap Presiden Bisa Sampai Tingkat Pembunuhan" pada halaman 260-264 bukunya. Menurut SBY, teror nonfisik yang sangat aneh itu dialami menjelang Pemilu 2009.

Kala itu istrinya, Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono, tengah membaca majalah di ruang keluarga. Sementara SBY beraktivitas di perpustakaan. "Tiba-tiba istri memanggil saya dan berteriak-teriak," tulis SBY pada halaman 262.

SBY pun berlari ke ruangan tempat Ani Yudhoyono berada. "Ternyata ada asap hitam tebal dan berputar-putar di langit-langit dan di tengah ruangan itu. Asap itu bergerak ke timur, seperti ingin menerobos ke kamar saya," tulis dia.

Melihat peristiwa itu, SBY mengajak keluarganya untuk berdoa. Surat Al Fatihah pun dibaca. "Saya sendiri melengkapinya dengan doa penolak bala dan kejahatan."

Tak hanya itu, SBY meminta pintu kamarnya ditutup. Sementara pintu-pintu lain di rumahnya dibuka lebar-lebar. "Apa yang terjadi, asap tebal yang berputar-putar itu bak ditiup angin yang kuat bergegas ke luar rumah saya," tulis SBY.

"Alhamdulillah. Saya sekeluarga selamat. Peristiwa ini seperti adegan film horor yang sering kita lihat. Atau cerita-cerita lama. Tetapi sungguh ada. Sungguh nyata," tambah SBY. (Eks/Yus)

Baca juga:
Sumpah Serapah untuk SBY
SBY, Paranormal, dan Benda Pusaka
Kisah Mistis SBY Jelang Pemilu 2009
SBY Sakit dan Sedih Tak Jadi Cawapres Megawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.