Sukses

Beredar, Foto Pria Diduga Pembajak Pesawat 9/11 Serang WTC

Keberadaan foto-foto itu belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Beberapa ahli keamanan nasional juga belum pernah mendengarnya.

Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) memperoleh 3 foto misterius dari pria yang diduga pembajak pesawat serangan 9/11 (11 September 2001). Gambar-gambar itu menunjukkan seorang pria yang diduga bernama Mohamed Atta berada dalam penerbangan domestik beberapa minggu sebelum gedung World Trade Center (WTC) diserang.

Seperti dimuat News.com.au yang dimuat Liputan6.com, Kamis (12/9/2013), foto-foto rahasia yang diperoleh dari Komisi  Kebebasan Informasi Hukum, Gawker, terkuak dari penumpang yang juga berada dalam penerbangan yang sama dengan Mohamed.

Menurut Penerbangan pada pesawat Spirit Airlines Flight 460 23 Agustus 2001. Menurut Gawker, keberadaan foto-foto itu belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Beberapa ahli keamanan nasional juga mengatakan mereka belum pernah mendengar kabar foto itu hingga saat ini.

"Tidak, aku tidak tahu tentang foto itu," kata Lawrence Wright, penulis buku The Looming Tower: Al-Qaeda and the Road to 9/11.

"Kira-kira apa alasan penumpang mengambil foto seperti itu pada bulan Agustus 2001?" tambah Mark Mazzetti dari New York Times.

"Sebenarnya, ini adalah pertama kali saya pernah mendengar tentang ini. Ini tentu menarik, tapi aku belum pernah melihat foto atau mendengar apa-apa tentang mereka," sambung Mark.

Ini tentu masih merupakan misteri. Mengapa seorang penumpang pada penerbangan komersial mengambil foto dari pembajak 9/11, 3 minggu sebelum ia membantu melakukan beberapa serangan teroris?

Namun ada yang janggal, foto itu diambil pada tahun 2001 ketika ponsel kamera masih langka. Dia tampak cukup cerdik untuk mengambil gambar tersebut.

Gawker pun telah mengajukan permohonan FOI (kebebasan untuk memperoleh informasi) dengan FBI, berharap mendapatkan rincian lebih lanjut. Pihak Gawker juga telah menempatkan panggilan untuk publik, jika mengetahui informasi terkait foto itu. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini