Sukses

Dania Prince Miss Earth 2003

Kontes kecantikan Miss Earth 2003 terbilang unik karena mengikutsertakan peserta asal Afghanistan. Wanita berusia 23 tahun itu dianugerahi gelar "Beauty For a Cause".

Liputan6.com, Manila: Dania Prince asal Honduras terpilih sebagai Miss Earth 2003. Wanita cantik ini mengalahkan puluhan finalis dari negara lain. Duduk di tempat kedua, Pricila Zandona dari Brasil. Menyusul Marianela Zeledon Bolanos dari Costa Rica di posisi ketiga dan Marta Matyjasik dari Polandia di takhta keempat. Kontes kecantikan tingkat internasional ini digelar di Teater Universitas Filipina, Quezon, Manila, Sabtu (9/11).

Ada satu hal yang unik pada pemilihan Miss Earth kali ini. Panitia untuk pertama kalinya dalam tiga dasawarsa mengikutsertakan peserta dari Afghanistan. Dialah Vida Samadzai. Cewek berusia 23 tahun ini dianugerahi penghargaan khusus "Beauty For a Cause" alias kecantikan karena alasan yang baik.

Namun, kemenangan Vida Samadzai tak didukung pemerintahnya. Menurut pejabat Afghanistan Fazel Ahmad Manawi, gadis keturunan suku Pashtun itu telah mengkhianati kebudayaan Afghanistan dengan mengikuti Miss Earth. Sebab, kontes tersebut mengharuskan pesertanya mengenakan bikini di depan publik. Kemungkinan, pemerintah Afghanistan akan menjatuhkan sanksi tertentu kepada perempuan yang belajar di Amerika Serikat sejak 1996 itu.(MTA/Nurul Larasati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini