Sukses

[VIDEO] Kera Baboon di Belanda Histeris dan Bertingkah Aneh

112 ekor baboon seakan sepakat duduk diam, membalikkan badan serempak, memunggungi para pengunjung. Apa yang mereka takutkan?

Entah apa yang terjadi pada para kera jenis baboon yang jadi penghuni kebun binatang Emmen Dierenpark di wilayah utara Belanda. Mereka bertingkah sangat aneh.

Kelompok baboon yang berjumlah 112 ekor seakan sepakat duduk diam, membalikkan badan serempak, memunggungi para pengunjung pekan ini.

Hewan-hewan primata itu juga tiba-tiba juga kehilangan selera makan. Padahal, biasanya mereka berebut pisang dan makanan lain yang diberikan staf kebun binatang.

Apa yang membuat mereka bertingkah aneh? Ada yang menduga, para baboon merasakan datangnya ancaman, misalnya gempa bumi, predator, atau halilintar.

Teori lain menyebut, hewan-hewan itu shock melihat penampakan UFO. "Mereka tiba-tiba panik pada Senin petang lalu, histeris. Meski tak melompat-lompat, tingkah mereka aneh," kata ahli hewan,  Wijbren Landman, seperti dimuat Daily Mail, 3 Agustus 2013.

Salah satunya, mereka menolak dikandangkan pada malam hari. Biasanya hanya butuh beberapa menit untuk melakukannya, saat itu makan waktu sampai satu jam.

"Pada hari Selasa dan Rabu, mereka hanya duduk diam di pohon atau tanah, tak bergerak dan makan," kata dia.

Landman juga menyebut teori yang mungkin digunakan untuk menjelaskan perilaku aneh para hewan, bukan UFO tentunya. Mungkin mereka melihat predator -- nyata ataupun yang tergambar dalam kaus pengunjung. Atau penjelasan masuk akal lain, mereka memerasakan getaran gempa. "Dugaan UFO adalah yang paling ekstrem," kata dia.

Landman menambahkan, baboon teramati bersikap bingung saat berjumpa dengan predator di alam liar -- namun tak seekstrem tingkah mereka yang ada di kebun binatang.

Sementara para ahli yang dimintai pendapat soal perilaku baboon di Emmen Dierenpark, sejauh ini belum bisa mengungkap misteri tersebut. Namun, para binatang saat ini menunjukan tanda-tanda kembali normal.

Sejumlah baboon mulai menyantap apel yang dipotong kecil-kecil, juga pelet yang mengandung vitamin dan mineral penting.

Meski mencuat baru-baru ini, perilaku aneh para baboon juga pernah terjadi pada 1994, 1997, dan 2007.

Seperti dimuat situs sains Nature World News, histeria massal tak hanya bisa terjadi pada spesies Hamadryas baboons itu, namun juga gajah dan kanguru.

Baboon Nakal

Jika baboon di Belanda didera kekhawatiran, di Afrika hewan sejenis justru berbuat nakal di Afrika Selatan.

Mereka memanjat flat dan merusak apa yang ada di dalamnya. Tak hanya merampas makanan, tapi juga merobek korden dan mencuri mainan anak-anak -- termasuk boneka Teddy Bear yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya.

Mereka bahkan berani merampok belanjaan warga yang sedang melintas. Membuat penduduk ketakutan.

Baboon dilindungi di Cape Peninsula sejak 1999, saat ini ada sekitar 500 hewan tersebut dalam 16 group. Tanpa predator. Itu mungkin penyebab mereka bertingkah. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.