Sukses

Obama Samakan Nelson Mandela dengan George Washington

Presiden Amerika Serikat memberi penghormatan penuh kepada mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang sedang sakit.

Barack Obama melakukan kunjungan ke Afrika Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Amerika Serikat ini memberi penghormatan penuh kepada mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang sedang dirawat di rumah sakit.

Obama menyatakan, Nelson Mandela merupakan inspirasi bagi dunia. Semua orang rindu dengan Mandela.

"Luapan cinta dari rakyat yang kita lihat dalam beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa kemenangan Nelson Mandela kala itu sangat menyentuh. Juga menunjukkan kerinduan akan keadilan dan martabat yang tidak mengenal ras, kelas, kepercayaan dan negara," kata Obama dalam konferensi pers bersama Presiden Afsel saat ini, Jacob Zuma, seperti dilansir ABC, Minggu (30/6/2013).

Bagi Obama, sosok Mandela tak jauh beda dengan Presiden pertama AS George Washington. Kesederhanaan dan menjunjung tinggi demokrasi hingga pada akhirnya menjadi tokoh yang sangat dikagumi rakyat.

"George Washington sangat dikagumi, karena setelah menjabat presiden 2x masa jabatan, ia bilang, 'sudah cukup. saya mau menjadi rakyat kembali. Ini waktunya saya mengabdi sebagai rakyat'. Dan kini ada orang lain yang sama dengan Washington. Dia adalah Mandela. Sama-sama dikagumi karena rasa demokratisnya yang tinggi," jelas Obama.

Selain berkunjung ke Presiden Zuma, Obama juga bertemu secara pribadi dengan sejumlah anggota keluarga Nelson Mandela di Pusat Nelson Mandela, Johannesburg.

Pertemuan berlangsung selama 30 menit. Gedung Putih mengatakan Presiden Obama bertemu dengan 2 putri Mandela dan beberapa cucunya.

Namun Obama tidak menjenguk Mandela yang sedang dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru. Sebab, menurut Gedung Putih, keputusan ini diambil atas dasar pertimbangan keluarga Mandela.

Dalam pernyataan yang disampaikan setelah pertemuan dengan keluarga Mandela, Obama menyampaikan penghargaan atas pencapaian mantan pemimpin anti-apartheid itu dalam membangun Afrika Selatan yang bebas dan menjadi sumber inspirasi bagi penduduk dunia.

Menurut Presiden ke-44 AS itu, warisan itu harus dihargai oleh semua orang dalam hidup mereka.

Obama juga menelepon istri Mandela, Graca Machel, yang menunggui Mandela di rumah sakit di Pretoria.

Machel mengatakan ia mendapat semangat dari Presiden Obama. Pesan-pesan dan luapan dukungan, katanya, membuatnya kuat dan pesan-pesan itu telah disampaikan kepada suaminya. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.