Sukses

Gempa Iran 'Terbesar Dalam Sejarah', 45 Tewas

Gempa berkekuatan 7,8 yang disebut sebagai gempa terbesar sepanjang sejarah ini mengakibatkan 45 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka

Bencana gempa bumi kembali melanda Iran. Gempa berkekuatan 7,8 skala Ritcher yang disebut sebagai gempa terbesar sepanjang sejarah ini mengakibatkan 45 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, titik gempa berada di 86 km sebelah selatan Kota Khash, Iran. Kedalaman gempa mencapai 15,2 km.

"Ini merupakan gempa terbesar dalam sejarah Iran, dalam 40 tahun terakhir," kata pejabat Iran yang tak disebutkan namanya, seperti dimuat Al-Jazeera, Selasa (16/4/2013).

Gempa ini merupakan gempa kedua pada April. Gempa berkekuatan 6,3 SR juga mengguncang wilayah dekat instalasi nuklir Iran di Busher, 9 April lalu. 37 orang tewas dan 850 orang menderita luka. Gempa juga menghancurkan perumahan di 2 desa.

Selain terasa di Iran, guncangan gempa terbaru juga menggoyang daerah perbatasan Pakistan dengan Iran, tepatnya di Kota Panjour, Balochistan, Pakistan. Lebih dari 5 orang di negara tersebut tewas.

"Puluhan rumah hancur akibat lindu," ujar pejabat Balochistan, Osama Bin Javaid. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini