Sukses

Thailand Sita Narkoba Jenis Sabu Kristal Senilai Rp40,5 Miliar dari Truk Pikap

Pihak kepolisian Thailand telah menyita satu ton sabu kristal dengan nilai sekitar Rp40, 5 miliar, menjadikannya salah satu penyitaan terbesar dalam sejarah untuk obat terlarang ini.

Liputan6.com, Bangkok - Polisi Thailand dikabarkan telah menyita satu ton crystal methamphetamine (sabu kristal) senilai £2 juta atau setara dengan Rp40,5 miliar. Ini merupakan salah satu penyitaan terbesar dari obat ilegal tersebut, melansir dari The Independent, Minggu  (19/5/2024).

Penggerebekan narkoba terjadi dari petugas polisi yang menghentikan sebuah truk pikap di Provinsi Nakhon Nayok bagian tengah pada hari Jumat (10/5), setelah mendapat informasi tentang pergerakan sejumlah besar obat-obatan terlarang, ungkap Kepolisian Kerajaan Thailand dalam konferensi pers pada hari Minggu (12/5).

Sebanyak 40 kantong metamfetamin, yang terkenal disebut "Ice", disita dari truk tersebut, kata kepala polisi nasional Kittarath Punpetch. Ia mengatakan bahwa tentara dan petugas polisi Thailand siaga dan memantau geng penyelundup di seluruh negeri setelah mengetahui tentang pergerakan obat-obatan. 

Pengemudi truk telah ditangkap tetapi polisi meyakini bahwa pengiriman besar tersebut berkaitan dengan seorang warga negara Thailand yang berbasis di negara tetangga.

Inshik Sim, dari United Nations Office on Drugs and Crime Regional Office (Kantor PBB untuk unit Obat-obatan dan Kejahatan Regional), mengatakan ada "peningkatan yang signifikan dalam kasus penyelundupan salah satunya temuan obat-obatan satu ton atau lebih di Mekong".

"Satu ton sabu kristal disita di Nakhon Nayok, #Thailand. Peningkatan signifikan dalam kasus #penyelundupan yang melibatkan satu ton obat atau lebih tersebut di #Mekong. Jumlah sabu yang diangkut dari Shan, #Myanmar ke pasar internasional melalui Mekong sangat besar," tulis Inshik Sim dalam akun X pribadinya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Thailand Rute Transit Perdagangan Ilegal

Thailand diketahui merupakan bagian dari rute transit utama dengan sebutan "Segitiga Emas" yang dikenal untuk perdagangan ilegal metamfetamin dan obat-obatan terlarang lainnya di antara Myanmar, Laos, dan Thailand.

Nilai internasional dari penyitaan narkoba terbaru diperkirakan sebesar 798 juta Baht atau sekitar Rp352 miliar.

Menurut laporan, narkoba berasal dari laboratorium besar di beberapa bagian Myanmar, khususnya di negara bagian Shan, yang dikenal sebagai pusat perdagangan metamfetamin terbesar di dunia.

Adapun pada tahun 2023, sebuah laporan PBB menemukan bahwa Myanmar telah melampaui Afghanistan sebagai produsen opium terbesar di dunia.

Metamfetamin terutama didistribusikan dalam dua bentuk, yaitu pil biasa yang disebut sebagai yaba, atau sabu kristal yang sangat adiktif, dikenal sebagai Ice.

Dalam beberapa tahun terakhir, badan penegak hukum dari Thailand dan Tiongkok telah memperketat operasi di Golden Triangle (Segitiga Emas) dengan dukungan dari kekuatan negara tetangga.

Pada bulan Desember 2023, polisi Thailand menyita sekitar 50 juta tablet yang disembunyikan dalam karung di sebuah truk enam roda dari provinsi Kanchanaburi di barat, dekat perbatasan Myanmar. 

Pada saat itu, jumlah tablet metamfetamin yang disita merupakan rekor untuk Thailand.

3 dari 4 halaman

Penggerebekan Sabu Terbesar di Hong Kong

Hong Kong juga pernah melakukan penyitaan sabu-sabu terbesar yang pernah ada setelah mengungkapkan pengiriman yang tiba dari Meksiko senilai lebih dari HK$ 1 miliar atau Rp2 triliun, kata pihak berwenang pada 29 Oktober 2022.

Petugas bea cukai menemukan 1,8 ton sabu-sabu cair yang memecahkan rekor disembunyikan di karton air kelapa dalam perjalanan ke Australia, seperti dilansir dari Channel News Asia.

Pengiriman sabu-sabu itu, yang menurut para pejabat kemungkinan melibatkan jaringan perdagangan narkoba internasional yang besar, datang ketika pusat keuangan Tiongkok melihat peningkatan kasus narkoba yang melibatkan sabu-sabu.

"Kami percaya sabu-sabu cair, dengan kemurnian tinggi, berasal dari Amerika Selatan. Itu dikemas di sana dan dikirim melalui rute berbelit-belit ke Hong Kong, untuk dikirim ke Australia," kata inspektur senior Lee Ka-ming, kepala biro investigasi narkoba di bea cukai Hong Kong.

Dan belum ada penangkapan yang dilakukan pada saat itu.

4 dari 4 halaman

Bernilai Rp1,5 Triliun

Adapun Hong Kong pada tahun 2022 telah mengungkap lebih dari dua kali lipat sabu-sabu yang disita sepanjang tahun 2021, dengan hampir tiga ton disita oleh pihak berwenang.

Penggerebekan terbaru terjadi beberapa hari setelah penegak hukum menyita sabu-sabu senilai $5,9 juta (Rp94 miliar) yang disembunyikan di transformator listrik yang juga menuju Australia.

Pihak berwenang Hong Kong disiagakan melalui pertukaran intelijen dengan penegak hukum luar negeri tentang kemungkinan pengiriman sabu-sabu cair besar tiba di kota itu, kata pejabat bea cukai Fong Heung-wing kepada wartawan.

"Pengiriman air kelapa dari Meksiko sangat jarang, terakhir kali pada 2016 dan beratnya hanya 6 kilogram," kata Fong, menambahkan bahwa ukuran pengiriman juga membuatnya curiga.

Selundupan itu, senilai total sekitar HK$ 1,1 miliar atau Rp2,2 triliun, ditemukan di antara barang-barang lain dalam kontainer kargo dan diidentifikasi menggunakan sinar-X.

Pencarian online untuk dugaan penerima kiriman dari sebuah perusahaan Australia, kosong, kata para pejabat.

Sampah sabu-sabu terbesar sebelumnya di Hong Kong terjadi pada April 2022 ketika para pejabat menemukan 700 kilogram narkoba yang disembunyikan dalam peralatan industri dari Meksiko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini