Sukses

PM Slovakia Robert Fico Ditembak dan Terluka

Kondisi terkini PM Slovakia Robert Fico belum diketahui.

Liputan6.com, Bratislava - Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico ditembak dan terluka pada Rabu (15/5/2024). Demikian laporan media lokal.

Fico ditembak ketika dia menyapa orang banyak di depan pusat komunitas budaya di Kota Handlova, tempat pertemuan pemerintah diadakan.

Wartawan di lokasi kejadian, seperti dilansir BBC, mendengar sejumlah tembakan.

PM Fico kini telah dibawa ke rumah sakit dan tersangka penyerangnya ditahan polisi.

Seorang saksi mengatakan kepada situs Dennik N bahwa dia mendengar tiga atau empat tembakan dan melihat Fico jatuh ke tanah. Dia melihat luka di kepala dan dada.

Dia awalnya dimasukkan ke dalam mobil oleh tim keamanannya dan laporan media lokal menyebutkan dia kemudian diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit terdekat.

Merespons penembakan tersebut, Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengatakan dia terkejut dengan serangan "brutal dan kejam" terhadap Fico dan berharap agar sang perdana menteri diberi kekuatan untuk pulih.

Fico kembali berkuasa di Slovakia setelah pemilu September lalu, sebagai pemimpin koalisi populis-nasionalis.

Beberapa bulan pertamanya sebagai perdana menteri terbukti sangat kontroversial secara politik. Pada bulan Januari, dia menghentikan bantuan militer ke Ukraina dan bulan lalu mendorong rencana untuk menghapuskan lembaga penyiaran publik RTVS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.