Sukses

Awas, Pastikan Wi-Fi yang Anda Gunakan Aman Jika Tak Ingin Data Pribadi di Ponsel Dicuri

Terkadang hotspot Wi-Fi gratis ini dapat disusupi oleh infeksi malware, jaringan palsu yang memiliki nama Wi-Fi yang terdengar aman.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita jauh dari rumah, menyambungkan ponsel engan jaringan Wi-Fi yang tersedia di ruang publik bisa menjadi cara yang nyaman.

Pasalnya, dengan cara ini kita tidak menyalakan layanan internet dan bisa mengurangi penggunaan data pribadi (berhemat).

Namun apakah aman jika kita berbelanja secara soal dengan menggunakan jaringan Wi-Fi publik?

Dalam banyak kasus, seharusnya baik-baik saja.

Namun terkadang hotspot Wi-Fi gratis ini dapat disusupi oleh infeksi malware, jaringan palsu yang memiliki nama Wi-Fi yang terdengar sah, dikutip dari laman huffpost, Rabu (8/5/2024).

“Jaringan Wi-Fi publik seringkali tidak memiliki langkah keamanan yang kuat, sehingga menjadikannya target yang menarik bagi peretas yang dapat menyadap data sensitif, seperti informasi kartu kredit,” kata Michael Jabbara, wakil presiden dan kepala layanan penipuan global untuk Visa.

Amy Nofziger, direktur dukungan korban penipuan di AARP, mengatakan, dia pernah mengalami serangan siber semacam ini secara langsung.

Saat dia sedang berlibur di Las Vegas, dia perlu membayar biaya bagasi untuk penerbangan mendatang, dan dia memasukkan informasi kartu kreditnya di Wi-Fi gratis di hotel.

“Dalam waktu 20 menit, saya mulai menerima email dan telepon dari perusahaan kartu kredit saya yang memberitahukan tagihan yang dikenakan pada kartu saya di negara bagian lain. Begitulah cepatnya hal itu bisa terjadi,” katanya.

Untungnya, ada cara sederhana untuk memeriksa ulang apakah aktivitas online Anda dienkripsi dan Anda harus melakukannya setiap kali menggunakan Wi-Fi publik. Inilah yang perlu diketahui:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat Hal Ini Sebelum Belanja Online dengan Wi-Fi Umum

Sebelum Anda membeli sesuatu secara online, langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa situs web yang Anda gunakan aman adalah dengan memeriksa apakah URL dimulai dengan https://. Huruf “s” berarti aman, dan biasanya ada ikon gembok di bilah alamat.

Di bawah enkripsi ini, orang yang masuk dengan Anda di Wi-Fi publik tidak dapat melihat konten komunikasi Anda, jelas Eva Galperin, direktur keamanan siber di Electronic Frontier Foundation.

“Mereka dapat melihat bahwa Anda mengunjungi situs web ini, tetapi mereka tidak mengetahui halaman mana yang Anda buka dan mereka tidak dapat melihat apa yang Anda ketik,” kata Galperin.

HTTPS (hypertext transfer protocol secure) memastikan bahwa data yang masuk dari perangkat Anda ke situs web yang Anda kunjungi dienkripsi.

Selama URL situs web Anda dimulai dengan “https”, kata Galperin, Anda boleh melakukan pembelian online.

Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda benar-benar hanya menggunakan situs web ini, Galperin menyarankan untuk menjadikannya sebagai default di browser.

 

3 dari 3 halaman

Cukup Pastikan Semua Aman

Di Safari, penggunaan URL HTTPS sudah menjadi default. Di Chrome, Anda dapat melakukan ini dengan membuka Pengaturan, memilih Privasi dan Keamanan, lalu Keamanan, lalu mengaktifkan opsi “Selalu gunakan koneksi aman.”

Pada akhirnya, Anda tidak perlu berhenti menggunakan Wi-Fi publik -- cukup pastikan bahwa apa yang Anda kunjungi terenkripsi dan aman.

“Meskipun tidak perlu menghindari membeli apa pun saat menggunakan Wi-Fi publik, penting untuk menyadari risikonya dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, seperti memeriksa apakah URL tersebut aman atau menggunakan VPN,” kata Jabbara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.