Sukses

Hujan Lebat Guyur Singapura dan Picu Peringatan Banjir, Sejumlah Penerbangan di Bandara Changi Terdampak

Badan Meteorologi Singapura (MSS) telah memperingatkan negara ini akan mengalami awal bulan Mei yang basah.

Liputan6.com, Singapura - Hujan lebat memicu peringatan banjir di sebagian besar wilayah Singapura pada Sabtu (4/5/2024) pagi, menyebabkan penundaan di Bandara Changi dan turnamen LIV Golf di Sentosa.

Sekitar pukul 10.35, Dewan Utilitas Umum (PUB) mengunggah peringatan banjir di platform media sosial X, di mana hujan lebat diperkirakan akan terjadi di banyak wilayah Singapura mulai pukul 10.35 hingga 11.20 Waktu setempat.

Itu adalah unggahan terbaru dari serangkaian unggahan yang dimulai pada pukul 06.27 untuk memperingatkan masyarakat tentang cuaca buruk.

Badan Air Nasional kemudian menghimbau masyarakat untuk menghindari jalan-jalan tertentu seperti TPE (Jalan Layang Punggol Barat) dan Jalan Pokok Serunai di Bedok karena hujan lebat, serta mengeluarkan peringatan banjir bandang untuk beberapa wilayah, termasuk Jalan Pelayanan Paya Lebar Atas (dari Lim Teck Boo Road ke Rochdale Road) dan Craig Road dari Duxton Road ke Tanjong Pagar Road.

Di Bandara Changi, penerbangan yang akan berangkat terdampak penundaan termasuk penerbangan dari Singapura ke Sydney yang semula dijadwalkan berangkat pukul 10.00 diundur ke pukul 12.30, sedangkan penerbangan yang telah mendarat mengalami gangguan penanganan bagasi.

Mengutip laporan The Straits Times, staf Bandara Changi membagikan makanan ringan kepada para penumpang yang menunggu.

Salah seorang penumpang, Robert Hall, baru tiba di Singapura setelah melakukan perjalanan selama hampir 30 jam.

Warga Amerika Serikat (AS) itu mengatakan kepada The Straits Times bahwa dia telah melakukan perjalanan melalui Washington DC, Dallas dan Tokyo sebelum tiba di sini, hanya untuk menunggu dua jam lagi untuk mendapatkan bagasinya.

Hall menuturkan dia tidak sabar untuk pergi ke hotelnya setelah perjalanan panjang untuk melihat apakah dia bisa check-in lebih awal. Namun, insinyur berusia 58 tahun, yang berada di Singapura untuk urusan bisnis, memahami situasi yang terjadi.

"Saya paham cuaca tidak bisa diprediksi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Pengelola Bandara Changi

Menanggapi pertanyaan, Changi Airport Group mengatakan penundaan penyerahan bagasi disebabkan oleh cuaca buruk dan peringatan petir, yang mendorong mereka untuk memprioritaskan keselamatan petugas di darat.

Pernyataan yang sama menambahkan bahwa penumpang yang terdampak didorong untuk menemui staf di darat untuk mendapatkan minuman gratis dan mereka dapat memilih untuk keluar dan masuk kembali ke area pengambilan bagasi setelah bagasi mereka siap untuk diambil.

Sementara itu, layanan pengiriman bagasi gratis tersedia bagi penumpang terdampak di maskapai penerbangan tertentu.

"Pengumuman publik dibuat di terminal agar penumpang mendapat informasi terkini. Kami menyarankan penumpang untuk terus mendapatkan informasi terkini dengan mengecek maskapai masing-masing dan memantau halaman status penerbangan Bandara Changi atau Aplikasi Changi untuk informasi terkini," sebut pernyataan itu.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan."

Di Klub Golf Sentosa, waktu tee-off untuk acara LIV Golf mula-mula diundur menjadi pukul 10.45, kemudian pukul 12.45, dan selanjutnya menjadi pukul 14.00.

Permulaan shotgun, yang melibatkan 54 pegolf yang melakukan tee off secara bersamaan dari tee yang berbeda, awalnya dijadwalkan pada pukul 9.15 pagi.

Sebelumnya, langit mendung mengelilingi Lapangan Serapong dan gerimis akhirnya berlanjut menjadi hujan lebat yang mengguyur.

Pada 2 Mei, Badan Meteorologi Singapura (MSS) telah memperingatkan negara ini akan mengalami awal bulan Mei yang basah. MSS memperkirakan akan terjadi hujan petir sedang hingga lebat di pagi dan sore hari hampir setiap hari selama dua minggu pertama bulan tersebut.

MSS menambahkan mungkin akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada beberapa pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini