Sukses

Reaksi Pemimpin Dunia Soal Israel Balas Serang Iran, Desak Semua Tetap Tenang

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, mengatakan serangan di Isfahan yang disebut balasan Israel melibatkan miniatur drone dan tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Liputan6.com, Teheran - Para pemimpin dunia mendesak untuk tetap tenang pada hari Jumat 19 April 2024 setelah Israel melakukan serangan drone menjelang fajar di Iran, dalam siklus serangan balasan yang melewati batas penting selama beberapa dekade -- yang telah menghambat Timur Tengah dari konflik regional yang besar.

Sejatinya muncul harapan tentatif pada Jumat malam bahwa upaya serangan terhadap pangkalan udara di dekat Kota Isfahan cukup terbatas, untuk menangkis ancaman respons Iran yang lebih besar dan kekerasan yang tidak terkendali antara negara berkekuatan nuklir dan negara yang memiliki kapasitas untuk mengembangkan senjata nuklir dengan cepat.

Menurut Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, yang berbicara pada Jumat malam, AS mengatakan pada pertemuan para menteri luar negeri G7 di Capri bahwa mereka telah menerima informasi "menit-menit terakhir" dari Israel mengenai aksi drone di Iran. Saluran berita Israel N12 melaporkan bahwa Israel juga menyerang sasaran di Irak dan Suriah, dan ledakan dilaporkan terjadi di kedua negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, mengatakan serangan di Isfahan melibatkan miniatur drone dan tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

"Media pendukung rezim Zionis, dalam upaya putus asa, mencoba meraih kemenangan dari kekalahan mereka, sementara mini-drone yang jatuh tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa," kata Amirabdollahian kepada utusan negara-negara Muslim saat berkunjung ke PBB di New York. York, menurut media Iran.

Teheran telah mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki rencana "segera" untuk melakukan pembalasan.

"Kami berkomitmen terhadap keamanan Israel," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada pertemuan G7. "Kami juga berkomitmen untuk melakukan deeskalasi."

Blinken menambahkan bahwa meskipun terjadi konfrontasi, AS tetap "sangat fokus pada Gaza", di mana setidaknya 34.000 warga Palestina terbunuh dalam perang Israel melawan Hamas dan lebih dari satu juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

G7 dan Komisi Eropa sama-sama menyerukan agar konflik yang sedang memanas ini diredakan. Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, dalam intervensinya sendiri, mengatakan ini adalah "saat yang tepat untuk menghentikan siklus pembalasan yang berbahaya di Timur Tengah".

Para pejabat AS dan Eropa khawatir bahwa pelanggaran tabu mengenai serangan langsung antara kedua negara kuat tersebut telah menjadikan wilayah tersebut berada dalam posisi yang jauh lebih berbahaya dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, seiring dengan rencana Israel untuk melanjutkan kampanye tanpa henti di Gaza, memperdalam bantuan kemanusiaan bencana di sana, dan secara terbuka mempertimbangkan perang di Lebanon dengan Hizbullah --sekutu dekat Iran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iran Abaikan Serangan Balasa dari Iran di Kota Isfahan

Pemerintah Teheran tampaknya mengabaikan insiden Jumat (19/4) pagi di dekat pangkalan udara dekat Kota Isfahan di mana dikatakan pertahanan udara telah menjatuhkan tiga drone, yang diluncurkan di Iran.

Beberapa jam sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Iran telah memperingatkan bahwa setiap serangan baru Israel akan ditanggapi dengan respons yang “maksimal” dan “menentukan”, namun upaya media pemerintah untuk meminimalkan serangan tersebut tampaknya dirancang untuk memberikan pilihan untuk tidak merespons.

Para pejabat AS mengkonfirmasi bahwa Israel telah melakukan operasi militer terhadap Iran dan telah memberikan pemberitahuan beberapa jam kepada Washington, namun tidak memberikan rincian apa pun mengenai operasi tersebut. Masih belum jelas pada Jumat malam apakah hanya drone yang terlibat, apakah ada amunisi yang benar-benar mengenai sasaran mereka, atau telah dicegat, dan dari mana serangan itu diluncurkan.

Reuters mengutip sumber yang akrab dengan penilaian intelijen Barat yang menyetujui klaim awal Iran bahwa drone tersebut lepas landas di dalam wilayah Iran, dan menunjukkan bahwa pasukan khusus atau faksi Iran yang bersekutu dengan Israel terlibat dalam serangan tersebut. Serangan sebelumnya di Iran telah dikaitkan dengan Israel, termasuk serangan pesawat tak berawak juga terhadap pabrik senjata di Isfahan pada Januari 2023.

 

3 dari 4 halaman

Upaya AS Meredakan Tensi Israel-Iran

Pemerintahan Joe Biden telah berusaha meredakan konflik yang dimulai dengan pemboman Israel terhadap gedung konsulat Iran di Damaskus, yang menewaskan seorang jenderal penting Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dan enam perwira lainnya, yang dibalas oleh Iran pada Minggu pagi dengan melancarkan serangan. sekitar 300 rudal dan drone di Israel, hampir semuanya berhasil dicegat.

Menurut laporan Reuters, Biden berhasil membujuk anggota kabinet keamanan Israel agar tidak melakukan serangan balik ke wilayah Iran pada Senin malam. Menteri Benny Gantz dan Gadi Eisenkot, keduanya mantan komandan angkatan bersenjata, dilaporkan mendesak agar diberikan tanggapan yang tegas dan cepat namun setuju untuk menunda setelah pembicaraan dengan Biden, dan karena adanya perbedaan pandangan dari para menteri lainnya, Reuters melaporkan, mengutip dua menteri Israel. pejabat. Operasi yang direncanakan melawan Iran ditunda dua kali menurut laporan tersebut.

Para pejabat AS mengatakan bahwa mereka telah diberitahu oleh rekan-rekan Israel mereka segera setelah serangan rudal dan drone oleh Iran pada hari Minggu, bahwa beberapa bentuk serangan balik Israel tidak dapat dihindari, namun Israel meyakinkan Washington bahwa tanggapan mereka akan "cerdas" dan tidak akan menargetkan situs nuklir Iran.

4 dari 4 halaman

IAEA: Tak Ada Kerusakan Pada Situs Nuklir Iran

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengkonfirmasi pada hari Jumat (19/4) bahwa tidak ada kerusakan pada fasilitas nuklir Iran. Badan tersebut mengatakan di platform media sosial X bahwa mereka terus memantau situasi dengan cermat dan menyerukan pengendalian maksimum dari semua pihak, dan menekankan bahwa "fasilitas nuklir tidak boleh menjadi target dalam konflik militer".

Serangan pada Jumat pagi, apa pun skalanya, merupakan tindakan yang menentang pengaruh AS. Netanyahu, khususnya, telah lama bersikap keras terhadap Iran, karena pernah mengancam akan melakukan serangan Israel terhadap negara tersebut di masa lalu, dan mendapat tekanan dari mitra koalisi sayap kanan untuk memberikan tanggapan yang kuat.

Dengan skala pembalasan yang sejauh ini sangat terbatas, menteri keamanan nasional Israel yang berhaluan sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, mengecam tanggapan melalui X menyebut aksi tersebut “Lemah!”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.