Sukses

Kedubes India dan NU Bukber Menu Khas Negeri Bollywood, Dubes Sandeep: Meski Keyakinan Berbeda, Kita Bersatu Capai Perdamaian

Kedutaan Besar India menggelar acara Buka Puasa Bersama di Kantor Pengurus Besar Nahdlathul Ulama (NU) di Jakarta pada hari Jumat, (22/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar India menggelar acara Buka Puasa Bersama di Kantor Pengurus Besar Nahdlathul Ulama (NU) di Jakarta pada hari Jumat, (22/3/2024).

Dalam kesempatan ini, Duta besar (Dubes) India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty menyampaikan ucapan selamat Ramadan kepada semua masyarakat. 

"Dengan senang hati saya menyambut Anda semua pada kesempatan buka puasa ini dengan pimpinan Nahdatul Ulama dan juga dalam peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara India dan Indonesia," ujar Dubes Sandeep Chakravorty.

Dubes Sandeep Chackravorty mengatakan bahwa bulan Ramadhan adalah momen yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

"Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, dan India adalah populasi Muslim terbesar ketiga," kata Sandeep. 

Ia menambahkan bahwa Motto Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika sangat selaras dengan filosofi India yaitu seluruh dunia adalah keluarga.

"Kemitraan India dan Indonesia tidak hanya ditentukan oleh kemitraan strategis yang komprehensif, namun merupakan sesuatu yang lebih dalam dan alami," tambah dubes India tersebut.

"Ikatan sejarah dan budaya milenial kita telah terwujud dalam nilai-nilai bersama yaitu pluralisme, toleransi dan rasa hormat terhadap keberagaman di masa sekarang."

Dubes Sandeep Chackravorty juga mengatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan bukti kuatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan India.

"Hal ini merupakan pengingat bahwa meskipun kita memiliki latar belakang dan keyakinan yang berbeda, kita bersatu dalam upaya mencapai perdamaian, kemakmuran dan kerja sama, baik di dalam maupun di luar negeri," ujarnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perwakilan dari Nahdatul Ulama

Sementara itu, Gus Ulil Abshar Abdalla mewakili Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H Yahya Cholil Staquf yang berhalangan hadir pada acara buka puasa bersama kedutaan besar India, menyampaikan apresiasi atas kegiatan bukber tersebut.

"Kepada Dubes Sandeep Chackravorty terima kasih atas kedatangan Anda ke acara buka puasa ini, dan menurut saya inisiatif untuk menyelenggarakan Buka Puasa bersama ini bukan inisiatif pertama," ujar Gus Ulil Abshar Abdalla.

Ia menambahkan bahwa acara ini adalah tahun kedua mereka menyelenggarakan acara buka puasa bersama tersebut. 

Gus Ulil Abshar Abdalla mewakili NU kemudian menyampaikan harapan tentang hubungan antara India dan Indonesia.

"Dan saya berharap kerja sama kita, kerja sama kita dengan nama Nasional di pemerintahan India dapat berjalan dengan lancar ke depannya, dan saya percaya bahwa pengaruh India terhadap masyarakat india termasuk masyarakat Muslim sangatlah besar, begitu besarnya pengaruh India terhadap masyarakat," ujar Gus Ulil Abshar Abdalla. 

3 dari 4 halaman

Hidangkan Makanan India

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (22/03/2024), acara buka puasa bersama yang dilaksanakan oleh kedutaan besar India ini menghidangkan makanan khas Negeri Bollywood, ini beberapa makanan khas India yang ada pada acara buka puasa bersama ini.

1. Chicken Tikka Masala

Menu makan siang: Chicken tikka masala dan butter rice/ Photo dok Greenfields.

Melansir dari littleindiaofdenver.com, Tikka masala memiliki variasi makanan dan variasi regional dan merupakan hidangan India yang populer.

Tikka masala terbuat dari bumbu kari dengan potongan ayam panggang yang empuk. 

Pertama, ayam kita marinasi dengan bumbu dan yogurt lalu panggang dalam oven tandoori.

Setelah itu, memasaknya dengan saus krim tomat. Tergantung pada preferensi koki, saus ini bisa berkisar dari yang ringan hingga pedas. Saus tomat tersebut biasanya mengandung bawang putih, bawang merah, jinten, jahe, garam masala, ketumbar, cabai rawit, dan bumbu lainnya.

Perpaduan bumbunya membuat Chicken Tikka Masala memiliki cita rasa khas gurih dengan sedikit rasa manis.

 

4 dari 4 halaman

2. Lamb Biryani

Yang kedua adalah Nasi Biryani, makanan ini adalah makanan klasik  yang tidak perlu diperkenalkan lagi.

India memiliki begitu banyak jenis dalam kulinernya, tetapi satu-satunya hidangan yang sangat disukai orang India adalah biryani yang menggugah selera, mengutip dari timesofindia.indiatimes.com.

Rempah-rempah juga berperan penting dalam menyajikan biryani yang enak, beberapa resep memerlukan penggunaan bumbu yang sangat terbatas sementara resep lainnya menggunakan lebih dari 15 bumbu berbeda. 

Penggunaan air mawar, ittar manis, dan air kewra dalam biryani juga umum dilakukan, sebuah praktik yang lazim sejak era abad pertengahan.

3. Assorted Bread yang ada di India

Ilustrasi Roti Canai Credit: freepik.comSelanjutnya adalah berbagai macam roti khas India yang bisa dimakan sebagai cocolan di kuah kari khas India atau dimakan biasa. 

Dalam acara ini terdapat jenis roti khas India, yaitu Naan.

Mengutip dari britannica.com, Naan merupakan roti satu lapis dengan tekstur ringan dan sedikit mengembang serta bercak coklat keemasan akibat proses pemanggangan.

Naan dibuat dari tepung terigu dan ragi, yang menghasilkan pembentukan kantong udara dalam adonan yang memberikan kelembutan pada roti tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.