Sukses

19 Maret 1976: Perpisahan Putri Margaret dan Lord Snowdon, Perceraian Pertama di Kerajaan Inggris Sejak Raja Henry VIII

19 Maret 1976 tepat 48 tahun lalu perpisahan antara Princess Margaret dan Lord Snowdon atau Antony Armstrong-Jones.

Liputan6.com, Inggris - Momen kelabu tercatat dalam sejarah Buckingham Palace (Istana Buckingham) hari ini tepat 48 tahun lalu. Pada 19 Maret 1976, perpisahan antara Princess Margaret dan Lord Snowdon atau Antony Armstrong-Jones jadi pemberitaan.

Istana Buckingham mengumumkan perpisahan antara Putri Margaret dan Lord Snowdon setelah keduanya menikah selama 16 tahun. Demikian melansir dari news.bbc.co.uk, Selasa (19/3/2024).

Earl Snowdon -- gelar dalam Kebangsawanan Britania Raya untuk Lord Snowdon atau Antony Armstrong-Jones --  menyatakan kesedihannya.

Dia memohon pengertian bagi kedua anaknya, Viscount David Linley yang berusia 14 tahun dan Lady Sarah Armstrong-Jones yang berusia 11 tahun pada saat itu.

Setelah berminggu-minggu spekulasi, pernyataan 39 kata dikeluarkan oleh Istana hari ini.

Dikatakan bahwa "HRH Putri Margaret, Countess of Snowdon, dan Earl of Snowdon telah sepakat untuk hidup terpisah. Sang Putri akan menjalankan tugas dan fungsinya di depan umum tanpa didampingi oleh Lord Snowdon. Tidak ada rencana untuk proses perceraian."

Juru bicara Putri Margaret, John Griffin, mengatakan: "Perpisahan telah menjadi sebuah kemungkinan selama beberapa waktu dan setelah keputusan akhir telah tercapai, tentu yang terbaik adalah segera menerapkannya." 

"Perpisahan adalah jalan terbaik yang harus diambil dalam semua keadaan, terutama dengan mempertimbangkan kepentingan kedua anak," ujar John Griffin.

Putri Margaret, menjadi anggota keluarga Kerajaan pertama yang bercerai sejak Raja Inggrisnya Raja Henry VIII, ia menikah dengan Antony Charles Robert Armstrong-Jones pada 5 Mei 1960.

Lima tahun sebelumnya dia membatalkan rencananya untuk menikahi Kapten Grup Peter Townsend yang sudah bercerai, yang telah menjalin hubungan dengannya selama beberapa tahun.

Perkenalan Putri Margaret dengan Roddy Llewellyn yang berusia 29 tahun pada saat itu, putra seorang penunggang kuda peraih medali emas Olimpiade, Letkol Harry Llewellyn, diduga telah memicu rumor tentang pernikahannya.

Satu bulan sebelumnya, pasangan itu menghabiskan waktu di pulau Mustique di Karibia, tempat sang Putri telah beberapa kali berlibur panjang tanpa suaminya sejak pernikahan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Sang Ratu

Dapat dikatakan bahwa hal itu membuat Ratu Inggris sangat sedih, tetapi tidak memiliki pengaruh dalam keputusan tersebut.

Dapat dipahami bahwa Putri Margaret yang pada saat itu berusia 45 tahun, berada di urutan kelima pewaris takhta dan akan terus menerima £35.000 atau sekitar Rp 598 juta pertahun dari Daftar Sipil dan akan melanjutkan tugas publiknya.

Sementara itu, Lord Snowdon yang berusia 46 pada saat itu, akan diminta untuk mencari akomodasi alternatif, dan dirinya tidak pernah menerima dana dari Daftar Sipil.

Dalam sebuah pernyataan, Uskup Agung Canterbury, Dr Donald Coggan, yang berada di Hindia Barat mengatakan: "Kita berharap setiap pengertian akan ditunjukkan kepada Keluarga Kerajaan pada saat kesusahan ini."

Sang Putri diberikan dekret nisi pada tanggal 24 Mei 1978 di Pengadilan Hukum di London. Enam minggu kemudian keputusan tersebut menjadi mutlak, menandai berakhirnya pernikahan mereka secara resmi.

3 dari 4 halaman

Awal Pernikahan dengan Lord Snowdon

Melansir dari todayifoundout.com, Putri Margaret diketahui bertemu dengan Antony Armstrong-Jones ketika dirinya sedang duduk untuk melakukan sesi pemotretan. Ssejak saat itu dirinya terpesona oleh Antony dan mulai mengundangnya untuk bergabung dalam acara sosial. Mereka juga kerap bertemu secara pribadi.

Menjelang Natal, sang Putri dan Armstrong-Jones bertunangan tetapi tidak mengumumkannya secara terbuka sampai Ratu melahirkan Pangeran Andrew pada bulan Februari 1960.

Reaksi terhadap pertunangan tersebut beragam di kedua sisi.

Para anggota istana menasihati Margaret bahwa Tony adalah orang “biasa” dan tidak akan menjadi suami yang setia, sementara itu teman-temannya memperingatkan Tony bahwa keluarga Kerajaan akan memakannya hidup-hidup.

Pasangan tersebut akhirnya menikah pada 6 Mei 1960 di Westminster Abbey, dan merupakan pernikahan Kerajaan pertama yang disiarkan di televisi, dan pasangan fotogenik yang menawan ini menjadi tontonan yang bagus.

Ketika Margaret hamil pada musim gugur itu, Tony diangkat dengan gelar bangsawan. Dia menerima gelar Earl of Snowdon, karena anaknya akan sangat dekat dengan takhta kerjaan. 

4 dari 4 halaman

Percintaan Princess Margareth

Melansir dari todayifoundout.com, kehidupan cinta Putri Margaret selalu penuh dengan sakit hati, cinta tak berbalas, dan skandal.

Pada akhir tahun 1940-an, dia sempat jatuh cinta dengan salah satu penunggang kuda Raja, Kapten Grup Peter Townsend, seorang pria yang pernah bercerai dan 15 tahun lebih tua darinya.

Kisah asmara mereka berlanjut tanpa diketahui masyarakat umum selama bertahun-tahun sampai Margaret dengan manis mengambil sehelai bulu dari kerahnya pada penobatan Elizabeth di hadapan jutaan kamera TV.

Sang Ratu, yang sangat ingin adiknya bahagia dan menyukai Townsend, tau bahwa Margaret terlalu dekat dengan takhta untuk menikah dengan pria yang sudah bercerai dan tetap mempertahankan hak prerogatif kerajaannya.

Diputuskan bahwa rencana tindakan terbaik adalah Townsend meninggalkan Inggris selama satu tahun dan kemudian mereka dapat meninjau kembali masalah tersebut.

Setahun kemudian, pada akhir tahun 1955, pasangan yang tidak bahagia ini mendapat petunjuk dan menyadari bahwa percintaan mereka akan hancur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini