Sukses

Kronologi Jejak Kate Middleton Operasi hingga Tersandung Pusaran Kasus Edit Foto

Misteri keberadaan Kate Middleton kini menjadi drama terbaru Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, London - Salah satu anggota keluarga Kerajaan Inggris tengah menjadi sorotan dunia. Siapa lagi kalau bukan Kate Middleton.

Istri dari Pangeran William itu tengah menjadi perhatian lantaran absen dari pandangan publik sejak Natal 2023, terutama setelah diumumkan menjalani operasi perut. Sejak itu, rumor tentang keberadaannya pun beredar dan konspirasinya berkembang secara liar.

Lebih jauh, spekulasi tentang keberadaan Putri Wales semakin meningkat setelah foto resmi Kate bersama ketiga anaknya diunggah dalam rangka Hari Ibu pada 10 Maret lalu. Namun, kantor berita besar Associated Press kemudian menarik foto tersebut karena terlihat telah dimanipulasi.

Tak lama, halaman media sosial keluarga kerajaan merilis pernyataan resmi dari Kate, menyatakan bahwa ia mengaku telah mengedit foto tersebut dan meminta maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan.

Kontroversi seputar foto tersebut menandai titik perubahan terbaru di media sosial, ketika teori konspirasi tentang keluarga kerajaan telah beredar sejak awal tahun ini.

Kini apa yang terjadi dan keberadaan Kate Middleton menjadi tanda tanya besar publik.

Dilansir laman Time, Minggu (17/3/2024), berikut adalah kronologi "hilangnya" Kate Middleton:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terakhir Terlihat saat Natal

25 Desember 2023: Ini merupakan momen terakhir Kate muncul di hadapan publik. Dia terlihat meninggalkan kebaktian gereja di Sandringham, kediaman keluarga di utara London.

17 Januari 2024: Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate menjalani "operasi perut yang direncanakan" dan akan dirawat di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari. Istana menambahkan bahwa kecil kemungkinannya Kate akan berpartisipasi dalam acara publik apa pun sampai setelah Paskah, yang jatuh pada 31 Maret 2024.

18 Januari 2024: Pangeran William mengunjungi Kate di rumah sakit.

29 Januari 2024: Setelah hampir dua minggu dirawat di rumah sakit, Istana Kensington mengabarkan bahwa Kate akan pulang ke Kastil Windsor untuk melanjutkan pemulihannya.

"Dia membuat kemajuan yang baik," kata Istana Kensington dalam sebuah pernyataan.

29 Februari 2024: Seorang juru bicara merilis pernyataan ke outlet berita termasuk Page Six dan NBC News.

"Istana Kensington telah memperjelas pada bulan Januari jadwal pemulihan sang putri dan kami hanya akan memberikan informasi terkini yang signifikan," kata mereka.

"Panduan itu berlaku."

3 dari 4 halaman

Terlihat di Mobil Bersama Sang Ibu

4 Maret 2024: Kate terlihat duduk di kursi penumpang mobil bersama ibunya, Carole Middleton, saat keduanya berkendara di dekat Kastil Windsor, menurut gambar yang diterbitkan oleh TMZ. Foto tersebut tidak dirilis atau disahkan oleh Istana Kensington, namun menandai pertama kalinya Putri Wales terlihat di depan umum sejak Desember 2023.

Tidak ada outlet besar di Inggris yang mempublikasikan foto tersebut. Reporter Royals Emily Andrews mengklaim dalam sebuah postingan di X bahwa Istana Kensington, "memberikan tekanan besar pada media Inggris untuk TIDAK mempublikasikan foto tersebut."

5 Maret 2024: Angkatan Darat Inggris memposting dan menghapus klaimnya bahwa Putri Wales akan menghadiri acara tahunan "Trooping the Color" pada tanggal 8 Juni, yang menimbulkan spekulasi lebih lanjut tentang kesehatan Kate.

4 dari 4 halaman

Beredar Foto Editan

10 Maret 2024: Untuk memperingati Hari Ibu di Inggris, Istana Kensington membagikan foto Kate dan anak-anaknya, yang menurut Istana diambil oleh suaminya pada awal minggu di Istana Kensington.

"Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang," tulis keterangan foto tersebut.

Pada Minggu malam, beberapa kantor berita besar, termasuk AP dan Reuters, menarik gambar tersebut dari peredaran karena mencurigai adanya manipulasi.

"Meskipun tidak ada kesan bahwa gambar tersebut palsu, AP menarik foto tersebut dari peredaran karena tidak memenuhi standar fotonya," jelas Associated Press setelah pencabutan tersebut.

"Standar editorial AP menyatakan bahwa gambar harus akurat. AP tidak menggunakan gambar yang diubah atau dimanipulasi secara digital."

11 Maret 2024: Kate mengeluarkan permintaan maaf karena membagikan gambar yang telah diedit. Dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui Istana Kensington, dia menulis, "Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin."

Beberapa jam kemudian, dia muncul dalam sebuah foto ketika berada di dalam mobil meninggalkan Kastil Windsor bersama Pangeran William, meskipun dia tidak bergabung dengan Pangeran Wales pada kebaktian tahunan Commonwealth Day di Westminster Abbey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.