Sukses

Angkatan Darat Inggris Hapus Klaim Kate Middleton Bakal Tampil di Trooping the Color 2024

Klaim tersebut sempat menimbulkan kebingungan. Pasalnya, Istana Kensington mengatakan belum mengonfirmasi kemunculan Kate Middleton.

Liputan6.com, London - Angkatan Darat Kerajaan Inggris menghapus klaim yang dibuat di situsnya yang menyebutkan Kate Middleton (42) alias Princess of Wales akan muncul di Trooping the Color 2024 pada Juni mendatang.

Klaim tersebut sempat menimbulkan kebingungan. Pasalnya, Istana Kensington menegaskan belum mengonfirmasi kemunculannya.

Tiket dijual di situs tersebut untuk parade militer dengan gambar Princess of Wales dan kalimat yang mengatakan istri dari Pangeran William itu akan meninjau pasukan pada 8 Juni.

Laporan BBC yang dilansir Rabu (6/3/2024) menyebutkan bahwa Angkatan Darat Kerajaan Inggris tidak meminta persetujuan istana sebelum menerbitkan informasi tersebut.

Kehadiran bangsawan senior di acara-acara umumnya dikonfirmasi mendekati waktu acara.

BBC mengaku pihaknya mendapat informasi bahwa Angkatan Darat Kerajaan Inggris menerbitkan rincian acara tersebut berdasarkan peran Kate Middleton sebagai Kolonel Pengawal Irlandia - resimen yang bertugas pada tahun ini.

Istana Kensington memastikan Princess of Wales baik-baik saja pasca menjalani operasi perut pada Januari 2024, namun tidak akan kembali menjalankan tugas publik sebelum Paskah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehadiran Raja Charles III Juga Tanda Tanya

Situs web Angkatan Darat Kerajaan Inggris juga menyebutkan Raja Charles III akan meninjau pasukannya dalam parade hari terakhir pada 15 Juni. Kehadirannya pun belum dikonfirmasi oleh Istana Buckingham, namun bagian ini tidak diubah.

Raja Charles III telah menghentikan keterlibatan publik setelah memulai pengobatan kankernya.

Istana Buckingham sejauh ini belum mengindikasikan kapan Raja Charles III akan kembali menjalankan tugas publik secara penuh, namun dia masih melanjutkan beberapa pekerjaan resmi "dari balik layar".

Baik Istana Kensington maupun Istana Buckingham menyatakan mereka tidak dapat mengonfirmasi kehadiran Princess of Wales dan Raja Charles III di acara apa pun, menyusul proses pemulihan sang putri dan perawatan sang raja.

3 dari 3 halaman

Apa Itu Trooping the Color?

Dikutip dari situs Angkatan Darat Kerajaan Inggris, Trooping the Color adalah perayaan hari ulang tahun resmi penguasa yang setiap tahun ditandai dengan parade militer dan pawai.

Acara ini berlangsung setiap bulan Juni di Horse Guards Parade, Whitehall, London, di depan banyak penonton serta dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Pasukan yang berpartisipasi dalam parade tersebut berasal dari perwira operasional dan prajurit terlatih dari Divisi Rumah Tangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.