Sukses

Mengenal Hari Penyelamatan Kucing International yang Diperingati 2 Maret

International Rescue Cat Day atau Hari Penyelamatan Kucing International diperingati tiap tanggal 2 maret setiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta - International Rescue Cat Day atau Hari Penyelamatan Kucing International atau Hari Penyelamatan Kucing Sedunia diperingati tiap tanggal 2 maret setiap tahun, demikian mengutip dari nationaltoday.com.

Ada banyak kucing di jalanan yang menunggu hari peringatan ini, di mana akan ada orang yang datang untuk membawa dan mengadopsi mereka sebagai anggota keluarga.

Adapun dalam mengadopsi seekor kucing, umumnya seseorang perlu mengunjungi tempat adopsi kucing peliharaan. Setelah melewati sejumlah tahap pemeriksaan, maka proses adopsi bisa dilanjutkan.

Kucing merupakan spesies hewan dengan refleks yang cepat, tubuh yang kuat, serta gigi yang tajam. 

Kucing pertama kali 'dijinakkan' di Yunani pada tahun 1200 SM, setelah itu diperkenalkan ke Eropa Selatan.

Pada abad ke-5, kucing adalah hewan yang familiar terlihat di sekitar pemukiman di Etruria.

The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) atau Komunitas Masyarakat Amerika untuk Pecegahan Kekejaman terhadap Hewan, pertama kali didirkan oleh Henry Bergh pada tahun 1867 dan merupakan asosiasi manusiawi pertama dengan insiatif bahwa semua hewan berhak atas perlakuan hormat dan baik hati serta harus dilindungi oleh undang-undang.

ASPCA menjadi peran penting dalam adopsi dan penyelamatan hewan, dan membantu masyarakat dengan menyatukan kembali hewan peliharaan yang hilang dengan pemiliknya, memberikan perlindungan bagi hewan peliharaan yang kehilangan tempat tinggal, dan menyediakan rumah baru bagi hewan peliharaan.

Selain itu, ASPCA juga membantu meningkatkan kesehatan umum dan kesejahteraan hewan di masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Populasi Kucing

Lebih dari 6 juta hewan peliharaan masuk tempat penampungan hewan di Amerika Serikat setiap tahunnya, dan 3 juta di antaranya adalah kucing.

Setiap tahunnya terdapat sekitar 530.000 kucing yang di-eutanasia di penampungan, angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2011 yang mencapai 1.500.000 kucing yang di-eutanasia.

Penurunan ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kucing yang diadopsi dan peningkatan jumlah kucing liar yang dipertemukan kembali dengan hewan peliharaannya. Adapun sekitar 2.100.000 kucing diadopsi setiap tahunnya.

Ada banyak cara yang dapat bisa dilakukan dalam merayakan International Rescue Cat Day, termasuk mengadopsi kucing dari tempat penampungan hewan setempat atau menjadi sukarelawan di tempat penampungan tersebut.

Beberapa tempat penampungan hewan justru memiliki regulasi untuk mengadopsi hewan peliharaan, karena beberapa hewan peliharaan mungkin tidak mudah untuk diajak tinggal bersama karena latar belakang yang buruk. Mereka ingin memastikan bahwa orang yang mengadopsinya cukup sehat untuk merawat kucing tersebut.​

Untuk biaya adopsi sendiri biayanya terbilang mahal, biasanya berupa sumbangan untuk membantu dan mendukung tempat penampungan hewan.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Internasional Menyelamatkan Kucing

1. Mengadopsi Kucing

Cara terbaik untuk merayakan hari ini adalah dengan ikut menyelamatkan kucing, bisa berupa adopsi ataupun kunjungan ke tempat penampungan hewan terdekat.

2. Menjadi sukarelawan di penampungan hewan

Jika sudah mempunyai kucing dan tidak bisa menambah kucing peliharaan lagi, kita bisa menjadi sukarelawan di penampungan hewan tempat kucing dirawat. Dengan begitu, kita tetap bisa membantu kucing yang tidak memiliki rumah tinggal.

3. Menyatukan kembali kucing dengan pemiliknya

Kamu bisa bergabung dengan tim pencari untuk membantu pemilik menemukan kucingnya yang hilang. 

Selain itu, mengutip dari Nationaltodays.com, ada beberapa alasan kenapa hari ini menjadi penting:

A. Menyelamatkan hidup mereka

Beberapa dari hewan-hewan ini ditinggalkan oleh pemiliknya dan membiarkannya mati, tetapi kita bisa memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

B. Mengurangi kelebihan populasi

Tempat penampungan hewan seringkali mengalami kelebihan popluasi. Mengadopsi kucing akan mengurangi masalah ini. 

C. Mencintai kucing

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa sayang terhadap kucing selain dengan membantu menemukan rumah baru melalui adopsi atau dengan menyatukan kembali mereka dengan keluarga lamanya. Kita juga bisa menghabiskan hari bersama mereka di tempat penampungan.

4 dari 4 halaman

5 Fakta Unik Tentang Kucing

1. Mereka tidak bisa merasakan rasa manis.

Kucing adalah satu-satunya mamalia yang tidak bisa merasakan rasa manis.

2. Mereka adalah pelompat yang hebat

Mereka dapat melompat dengan jarak enam kali panjang tubuhnya.

3. Mereka memiliki banyak tulang

Mereka mempunyai 230 tulang, lebih banyak dari jumlah tulang yang dimiliki manusia.

4. Mereka memiliki 18 jari 

Kucing mempunyai lima jari pada masing-masing kaki depannya dan empat jari pada masing-masing kaki belakangnya.

5. Mereka memiliki kumis di kaki mereka

Mereka memiliki kumis di kaki mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.