Sukses

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju, Banyak yang Curiga Hasil AI

Aksi pria tersebut menimbulkan kecurigaan karena bersikap sangat tenang di tengah hujan salju.

Liputan6.com, Jakarta - Video seorang pria di India yang sedang melakukan meditasi yoga di tengah badai salju di Himalaya menjadi viral dan memicu perdebatan soal keasliannya.

Pria tersebut terlihat sangat nyaman dengan posisi yoganya di tengah hujan salju, sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa itu rekayasa dan hasil manipulasi digital Artificial Intelligence (AI).

Dilansir Oddity Central, Kamis (29/2/2024), perdebatan tentang video ini pun menjadi berita utama di India dan kelompok spiritual Himachal Pradesh. Rupanya, pria dalam video tersebut adalah Satyendra Nath, pria yang telah lama dikaitkan dengan kelompok tersebut dan telah bermeditasi di Himalaya selama lebih dari dua dekade.

Awal bulan ini, Nath dan murid-muridnya melakukan perjalanan ke Lembah Seraj di Distrik Kullu selama sebulan. Suatu ketika, mengetahui bahwa guru mereka sedang bermeditasi di pegunungan dan mendengar badai salju akan melanda daerah tersebut, murid-murid Satyendra bergegas memperingatkannya.

"Ketika kami pergi untuk berbicara dengan Satyendra Nath, kami menemukannya dalam keadaan meditasi mendalam di pegunungan yang tertutup salju," kata Rahul, salah satu muridnya.

"Jadi, kami memutuskan untuk merekamnya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meditasi di Pegunungan Salju

Menurut Savarninath, murid lainnya, Satyendra adalah pengikut tradisi yoga Himalaya dan telah bermeditasi di pegunungan yang tertutup salju selama 22 tahun terakhir. Ia menambahkan, video viral yang direkam Rahul hanyalah satu dari beberapa rekaman Satyendra Nath yang mereka rekam selama sebulan terakhir.

Satyendra Nath bukanlah orang pertama yang melakukan meditasi yoga pada suhu ekstrem di Himalaya. Namun, karena aksinya dilakukan di tengah badai salju, itulah yang menarik perhatian banyak orang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Latihan Yoga

Dikutip kanal Health Liputan6.com, berikut adalah sejumlah manfaat olahraga yoga:

1. Meredakan Stres dan Menguatkan Ketahanan Stres

Penelitian dari Coventry University, Inggris menunjukkan bahwa yoga dapat "membalik" reaksi DNA yang menyebabkan stres. Yoga juga terbukti menurunkan kadar senyawa peradangan (cytokine interleukin-6 (IL-6)) dalam darah.

Anna de Sousa, instruktur MoreYoga, menjelaskan bahwa stres membuat tubuh tegang secara fisik dan mental. Respons "melarikan diri atau berkelahi" diaktifkan, memicu lonjakan adrenalin dan kortisol yang meningkatkan detak jantung dan aliran darah ke otot-otot.

"Yoga membantu kita mengaktifkan sistem saraf "istirahat dan pencernaan". Tubuh mulai fokus pada pemulihan, pemulihan, dan perbaikan," kata de Sousa. 

2. Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

Di tengah meningkatnya kasus kecemasan dan depresi, yoga menawarkan solusi alami untuk menghadapinya. Sebuah penelitian oleh Boston University Medical Centre, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa yoga lebih efektif daripada olahraga lain dalam meningkatkan mood atau suasana hati.

Hal ini terkait dengan peningkatan GABA, neurotransmitter yang berperan dalam mengatur kecemasan dan depresi.

Para ahli merekomendasikan latihan yoga dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Manfaat yoga untuk kecemasan dan depresi pun akan semakin terasa seiring waktu, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.