Sukses

Jejak 8 Karakter Kartun Tertua dalam Sejarah, Ada Mickey Mouse dan Popeye

Berikut ini delapan karakter kartun populer tertua yang telah menghibur generasi selama bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena tokoh kartun telah menjadi bagian dari budaya populer selama bertahun-tahun. Banyak orang dari beberapa generasi gemar menonton film kartun maupun komik, hingga banyak di antara mereka yang memiliki karakter favorit pribadi. 

Berikut ini sembilan karakter kartun populer pada masanya yang ternyata memiliki umur lebih dari 100 tahun, dari yang paling terkini hingga tertua, dirangkum dari oldest.org, Minggu (3/3/2024);

1. Bugs Bunny

Mulai diciptakan pada 1938 di Amerika Serikat, Bugs Bunny merupakan salah satu karakter lucu yang pertama kali muncul dalam film tahun 1940 berjudul "A Wild Hare". Film tersebut juga menandai kali pertama Bugs Bunny mengucapkan kalimat ciri khasnya, "What's up, Doc?"

Awalnya disuarakan oleh Mel Blanc, tetapi pada tahun-tahun berikutnya, kartun berwujud kelinci ini telah disuarakan oleh pengisi suara lain. Merupakan salah satu karakter kartun yang disukai dalam sejarah, Bugs Bunny telah muncul dalam lebih dari 160 film

2. Donald Duck

Diciptakan oleh perusahaan The Walt Disney Company pada 1934, karakter kartun Donald Duck telah muncul dalam lebih dari 100 film. Karakter yang terkenal dengan topi pelaut dan kemejanya serta cara bicaranya yang unik ini menjadikannya sebagai salah satu dari 50 karakter kartun paling ikonik sepanjang sejarah!

Didampingi oleh karakter lain seperti Daisy Duck yang menjadi kekasihnya dan tiga keponakannya yang bernama Huey, Louie, dan Dewey, Donald Duck telah muncul dalam film dan program televisi lebih banyak daripada karakter Disney lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakter Pelaut dan Tikus Populer

3. Popeye

Karakter kartun yang selalu diasosiasikan dengan sayuran bayam ini ternyata sudah berumur lebih dari 90 tahun. Diciptakan pada 1929, karakter ini pertama kali dikenalkan melalui strip komik yang berjudul "Thimble Theatre". Kemunculannya membuat karakter ini menjadi terkenal secara instan dan langsung dijadikan sebagai karakter utama dalam komik tersebut.

Karakter yang dikenal akan otot besar dan kekuatan supernya ini telah digambar selama lebih dari 20 tahun oleh seniman bernama Stephen DeStefano.

4. Mickey Mouse

Siapa yang tidak mengenal Mickey Mouse, kartun buatan Walt Disney yang dikenal dengan pakaian ciri khasnya yaitu celana pendek merah, sarung tangan putih, dan sepatu kuning terang. Diciptakan pada 1928 dan sudah menjadi maskot dan icon dari Walt Disney Company selama beberapa dekade, Mickey Mouse menjadi salah satu karakter kartun yang paling dikenal dalam sejarah animasi.

Karakter ini awalnya diberi nama Mortimer Mouse, tetapi istri Walt Disney, Lillian, menyuruhnya untuk mengganti nama itu hingga akhirnya lahirlah nama Mickey Mouse. 

3 dari 4 halaman

Sebuah Ikon pada Masa Perang

5. Bonzo the Dog

Karakter yang berwujud anjing bertubuh gemuk ini diciptakan pada tahun 1920-an di Inggris. George Studdy merupakan pencipta karakter ini yang menghasilkan sketsa halaman penuh setiap minggu nya. 

Ketika perang dunia pertama dimulai, Studdy diminta oleh sebuah perusahaan film yang bernama Gaumont untuk membuat serangkaian film pendek, dan Bonzo terus muncul dalam sketsanya hingga menjadi karakter yang populer pada masanya. 

6. Felix the Cat

Sudah ada dalam beberapa dekade, Felix the Cat merupakan karakter kartun ciptaan Pat Sullivan dan Otto Mesmer yang lahir ketika film bisu (silent film) sedang laris manis sekitar tahun 1919. Selain menjadi karakter utama dalam seri buku komik, karakter ini juga sering muncul dalam berbagai jenis barang merchandise seperti kartu pos, mainan, bahkan keramik. 

Felix the Cat dianggap sebagai salah satu kucing yang paling mudah dikenali di dunia berkat bulunya yang berwarna hitam dan mata putihnya yang besar.

 

4 dari 4 halaman

Kartun Tertua yang Pernah Ada

7. Fantasmagorie

Meskipun Fantasmagorie merujuk pada nama film animasi yang ditayangkan pada sekitar tahun 1908, film itu sendiri menampilkan tokoh kartun seorang pria berbentuk stick yang menemukan berbagai macam benda saat menjalani hari-harinya. Adapun karakter kartun lain dalam film ini adalah seorang badut yang berperilaku sopan.

Film ini terinspirasi dari kata phantasmagoria yang berasal dari bahasa Prancis, yang menggambarkan teater horor ketika memproyeksikan gambar hantu dengan menggunakan bayangan dari boneka. 

8. The Katzenjammer Kids

Diciptakan pada tahun 1897, karakter kartun ini dipercaya sebagai karakter tertua yang pernah ada. Pada masanya, The Katzenjammer Kids merupakan kartun yang sangat populer dan bertahan selama lebih dari 40 tahun di surat kabar mingguan. Si pencipta, Rudolph Dirks, terinspirasi oleh sebuah cerita anak dari Jerman yang disebut Max dan Moritz. 

Dua karakter utamanya yaitu Hans dan Fritz, sepasang anak kembar pemberontak. Awalnya kedua karakter ini berbicara dalam bahasa Inggris dengan aksen Jerman, tetapi dialog dan aksen mereka sementara diubah menjadi menggunakan bahasa Belanda selama perang dunia pertama dan kedua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini