Sukses

Donald Trump Menang Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan

Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan pada Sabtu (24/2) dengan mudah mengalahkan mantan Duta Besar PBB Nikki Haley.

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan pada Sabtu (24/2) dengan mudah mengalahkan mantan Duta Besar PBB Nikki Haley.

Dikutip dari laman AP, Minggu (25/2/2024) kemenangan Trump semakin mengkonsolidasikan jalannya menuju nominasi Partai Republik untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Trump kini menyapu bersih setiap kontestasi yang melibatkan delegasi Partai Republik.

Sebelumnya ia mencatat kemenangan di Iowa, New Hampshire, Nevada, dan US Virgin Islands.

Haley menghadapi tekanan yang semakin besar untuk mundur dari pencalonan, namun dia mengatakan bahwa tidak akan pergi ke mana pun meski kehilangan negara bagian tempat dia menjadi gubernur dari tahun 2011 hingga 2017.

Pertarungan ulang antara Trump dan Presiden Joe Biden pada tahun 2020 menjadi semakin tak terelakkan.

Haley berjanji untuk tetap bersaing setidaknya melalui serangkaian pemilihan pendahuluan pada tanggal 5 Maret, yang dikenal sebagai Super Tuesday.

Namun, ia tidak dapat merusak momentum Trump di negara bagian asalnya meskipun mengadakan lebih banyak acara kampanye dan berpendapat bahwa dakwaan terhadap Trump akan melumpuhkannya.

Associated Press menyatakan Trump sebagai pemenang ketika pemungutan suara ditutup di seluruh negara bagian tersebut pada pukul 19.00 malam waktu setempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Survei: Trump Memang Unggul

Analisis AP VoteCast, sebuah survei komprehensif tersebut mengkonfirmasi temuan jajak pendapat sebelum Hari Pemilu yang menunjukkan Trump jauh melampaui Haley di seluruh negara bagian.

“Saya belum pernah melihat Partai Republik begitu bersatu seperti saat ini,” kata Trump, saat menyampaikan pidato kemenangannya setelah pemungutan suara ditutup.

“Anda bisa merayakannya sekitar 15 menit, tapi kemudian kita harus kembali bekerja.”

Trump dominan di seluruh negara bagian, bahkan memimpin di Lexington County, yang diwakili Haley di Badan Legislatif negara bagian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.