Sukses

Tabrakan Beruntun 100 Mobil di Jalan Tol Berlapis Es China, 3 Orang Terluka dan Dirawat di RS

Peristiwa tabrakan beruntun terjadi di China dan mengakibatkan sejumlah orang terluka.

Liputan6.com, Suzhou - Peristiwa tabrakan beruntun terjadi di China dan mengakibatkan sejumlah orang terluka.

Laporan yang dikutip dari TheStar.my melansir media pemerintah, Sabtu (24/2/2024), menyebut bahwa beberapa orang terluka setelah lebih dari 100 mobil bertabrakan satu sama lain di jalan tol yang tertutup es di Kota Suzhou, China.

Ini adalah kecelakaan terbaru yang disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrem.

Rekaman dramatis dari CCTV televisi pemerintah dan media sosial pada Jumat (23/2) menunjukkan banyak mobil berkumpul secara sembarangan di jalan raya.

Kaca dan puing terlihat berserakan dimana-mana.

Tiga orang terluka dan dirawat di rumah sakit, sementara enam orang menderita luka ringan, polisi lalu lintas Taman Industri Suzhou melaporkan di akun media sosial WeChat.

"Lalu lintas jalan raya telah pulih dan penyebab kecelakaan sedang diselidiki," kata polisi.

Selama beberapa minggu terakhir, sebagian besar wilayah China dilanda gelombang dingin, badai salju, dan hujan es, yang berdampak pada transportasi saat jutaan orang bergegas pulang untuk merayakan liburan Tahun Baru Imlek.

Selama pekan ini, pemerintah meningkatkan tanggap darurat terhadap suhu yang sangat dingin dan juga memulai beberapa rencana untuk arus transportasi, pasokan dan listrik di provinsi dan kota, lapor berita Xinhua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tabrakan Beruntun 50 Kendaraan Lebih di Pennsylvania AS, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Sementara itu, sedikitnya tiga orang tewas di jalan raya Pennsylvania, AS pada Senin 28 Maret 2022 akibat tabrakan beruntun yang melibatkan lebih dari 50 kendaraan selama badai salju, kata pihak berwenang.

Petugas koroner Schuylkill County Dr. David J. Moylan memperingatkan Senin sore bahwa jumlah korban tewas "bisa lebih tinggi", karena pencarian di tempat kejadian belum selesai dan ada kendaraan yang terbakar.

 Tabrakan berapi-api terjadi di Interstate 81 sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat. dekat Minersville, sekitar 100 mil barat laut Philadelphia, John Blickley dari kantor manajemen darurat daerah itu, mengatakan kepada USA Today yang dikutip Selaa (29/3/2022).

"Setidaknya 20 orang dikirim ke rumah sakit karena cedera," kata John Blickley.

Rekaman yang diunggah ke media sosial menunjukkan traktor-trailer yang tidak terkendali menabrak truk sampah besar, memutarnya hampir 180 derajat. Truk besar lainnya memuntahkan asap hitam dan api oranye ke udara dan sebuah SUV menabrak mobil penumpang yang membuat sedan itu berputar, nyaris kehilangan pengemudinya yang berdiri di bahu jalan raya yang diselimuti salju dan kabut.

"Tabrakan itu menutup semua jalur I-81 utara di Schuylkill County dan papan pesan jalan raya mengalihkan lalu lintas," kata Ronald Young, juru bicara Departemen Transportasi Pennsylvania.

Polisi Negara Bagian Pennsylvania sedang menyelidiki kecelakaan itu dan banyak badan EMS, pemadam kebakaran, dan polisi setempat merespons di tempat kejadian, kata Letnan Polisi Adam Reed.

Sejumlah tanker berada di lokasi untuk mengisi air karena tidak ada sumber air dari hidran.

Kondisi bersalju menyulitkan layanan darurat untuk mencapai tempat kejadian, kata Blickley.

"Beberapa orang terjebak di mobil mereka, kata Blickley. Tiga trailer-traktor terbakar dan setidaknya dua kebakaran kecil lainnya dilaporkan," paparnya.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan beberapa traktor-trailer dan kendaraan lain menabrak kendaraan lain yang berhenti dan penonton menyaksikan asap hitam dan api membubung dari apa yang tampak seperti truk tangki.

 

3 dari 3 halaman

Kabut Super Picu Tabrakan Beruntun 158 Kendaraan di Louisiana AS, 7 Orang Tewas

Adapun superfog atau kabut super dari asap kebakaran rawa dan kabut pagi yang tebal menyebabkan serangkaian kecelakaan di Interstate 55 dekat New Orleans, Amerika Serikat (AS) pada Senin 23 Oktober 2023 pagi waktu setempat. Memicu banyak mobil, truk, dan traktor-trailer hancur dan hangus.

Diperkirakan 158 kendaraan terlibat dan 25 orang terluka, menurut Kepolisian Negara Bagian Louisiana, seperti dikutip dari AP, Selasa (24/10/2023).

Kepolisian Negara Bagian Louisiana juga memperingatkan jumlah korban tewas bisa bertambah karena petugas pertolongan pertama bekerja hingga malam hari untuk mencari korban, bau puing-puing yang terbakar masih tercium di udara.

Kendaraan hancur, bertumpuk dan dilahap api. Ada yang turun dari kendaraannya dan berdiri di pinggir jalan atau di atap mobil sambil memandang tak percaya dengan bencana yang terjadi, ada pula yang berteriak minta tolong.

Clarencia Patterson Reed sedang mengemudi bersama istri dan keponakannya dan melihat orang-orang melambaikan tangan agar dia berhenti, tetapi ketika dia berhenti, mobilnya ditabrak dari belakang dan samping oleh dua kendaraan lain, katanya kepada The Times-Picayune.

Laporan BBC menyebut, lebih dari 25 orang dibawa ke rumah sakit dengan luka mulai dari ringan hingga kritis, kata Kepolisian Negara Bagian Louisiana dalam rilis berita.

Dan banyak korban mencari bantuan medis sendiri, kata pihak berwenang.

Ahli meteorologi sebelumnya mengatakan superfog atau kabut super telah berdampak besar pada wilayah tersebut, di sebelah barat New Orleans, sekitar waktu terjadinya tabrakan beruntun.

Menurut Layanan Cuaca Nasional setempat, kabut super yang merupakan kabut tebal itu berkembang dalam kondisi lembab dan berasap serta dapat menyebabkan jarak pandang menurun hingga kurang dari 10 kaki atau sekitar tiga meter.

Selengkapnya di sini...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini