Sukses

23 Februari 2021: Kerusuhan Serentak di 4 Penjara Ekuador, 79 Narapidana Tewas

Hari ini tiga tahun yang lalu, Selasa 23 Februari 2021, Ekuador dalam sorotan. Pasalnya kericuhan terjadi di sejumlah penjara dalam waktu bersamaan. Berujung hilangnya nyawa puluhan narapidana (napi).

Liputan6.com, Quitto - Hari ini tiga tahun yang lalu, Selasa 23 Februari 2021, Ekuador dalam sorotan. Pasalnya kericuhan terjadi di sejumlah penjara dalam waktu bersamaan. Berujung hilangnya nyawa puluhan narapidana (napi).

"Setidaknya 79 narapidana tewas dalam kerusuhan serentak yang diduga dipicu oleh perang geng di empat penjara di Ekuador, kata para pejabat pada Rabu (24 Februari 2023) seperti dikutip dari The Straits Times.

Memperbarui jumlah korban akibat pemberontakan pemicu kerusuhan penjara yang terjadi pada Selasa (22/2), otoritas penjara Snai mengatakan mereka telah mengambil kembali kendali atas penjara-penjara yang secara bersama-sama menampung lebih dari dua pertiga populasi narapidana di negara Amerika Selatan tersebut.

Militer pun telah dikerahkan untuk membantu memadamkan pemberontakan di penjara-penjara tersebut.

Snai mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 37 tahanan tewas di dua penjara di kota pelabuhan barat Guayaquil, 34 di sebuah penjara di Cuenca di selatan, dan delapan di Kota Latacunga di Andean tengah.

Beberapa orang lainnya terluka, begitu pula sejumlah petugas polisi.

Pihak Penjara Snai mengatakan tidak ada sipir atau polisi yang tewas, dan menambahkan bahwa pihaknya "berupaya mengumpulkan informasi mengenai korban jiwa dan aspek-aspek lain yang terkait dengan bentrokan tersebut", yang menurut pihak berwenang dilakukan oleh geng-geng yang saling bersaing untuk mendapatkan kendali.

Kantor pembela umum Ekuador – sebuah entitas yang mirip dengan ombudsman yang membela hak asasi manusia – menyebut kekerasan tersebut sebagai “pembantaian yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan menyatakan “keprihatinan atas kurangnya keamanan di negara tersebut, yang tercermin dalam peningkatan kejahatan dan kekerasan di negara tersebut. fasilitas penjara."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perintah Kontrol Ketat Senjata di Penjara

Presiden Lenin Moreno, sementara itu, telah memerintahkan kementerian pertahanan untuk "menerapkan kontrol ketat terhadap senjata, amunisi, dan bahan peledak" di penjara-penjara Ekuador.

Tahun 2020 lalu, ia bahkan mengumumkan keadaan darurat selama 90 hari di penjara-penjara di negara tersebut untuk mencoba mengendalikan aktivitas geng dan mengurangi kekerasan.

Menurut kantor ombudsman, ada 103 narapidana yang terbunuh di penjara tahun lalu.

Untuk mengurangi jumlah tahanan di tengah epidemi Virus corona, pemerintah meringankan hukuman bagi mereka yang dihukum karena pelanggaran ringan, sehingga mengurangi kepadatan tahanan dari 42 persen menjadi 30 persen.

Hal ini masih menyisakan sistem penjara di Ekuador, yang mampu menampung 29.000 narapidana di lebih dari 60 fasilitas, dengan populasi narapidana sebanyak 38.000 orang.

 

3 dari 4 halaman

Kekurangan Penjaga di Penjara

Adapun 1.500 penjaga bertugas mengawasi mereka – kekurangan sekitar 2.500 penjaga, yang sebelumnya menurut Snai "menghambat respons segera" terhadap pemberontakan tahanan yang sering terjadi.

Presiden Lenin Moreno, pada hari bentrokan di 4 penjara terjadi hari Selasa (22/2) menghubungkan kerusuhan tersebut dengan "organisasi kriminal" yang terlibat dalam "tindakan kekerasan secara bersamaan di beberapa penjara."

Pihak Penjara Snai mengatakan ini adalah kelanjutan dari pertempuran teritorial yang sengit antara geng-geng terorganisir yang bernama Los Pipos, Los Lobos serta Tigrones dan menjalankan usaha kriminal mereka, termasuk perdagangan narkoba, dari penjara.

4 dari 4 halaman

Kerabat Narapidana Berkumpul

Ketika berita mengenai kerusuhan tersebut dipublikasikan, puluhan kerabat tahanan berkumpul di luar fasilitas penjara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai apa yang terjadi, kata media lokal seperti dikutip dari Al Jazeera.

Gambar dan video yang beredar di media sosial menunjukkan para narapidana berkumpul di atap penjara bersama petugas polisi yang mengendarai sepeda motor dan mobil patroli yang mengelilingi gedung.

Presiden Ekuador Lenin Moreno mentweet bahwa geng-geng tersebut telah melakukan “tindakan kekerasan secara bersamaan di beberapa penjara di negara tersebut”. Dia mengatakan polisi, berkoordinasi dengan Menteri Pemerintahan Patricio Pazmino Castillo, berupaya untuk mendapatkan kembali kendali atas penjara.

Kerusuhan hari Selasa (22/2) itu bertepatan dengan unjuk rasa ratusan masyarakat adat di Quito untuk menuntut penghitungan ulang suara setelah putaran pertama pemilihan presiden Februari 2021 membuat kandidat mereka tidak mendapat dukungan.

Adapun kerusuhan di penjara dan perselisihan antar geng yang bersaing sering terjadi di Ekuador. Sebelumnya lima narapidana tewas dalam perkelahian di sebuah penjara di Latacunga pada Desember 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.