Sukses

Raja Yordania Abdullah II Temui Joe Biden di Gedung Putih, Bahas Nasib Warga Palestina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut Raja Abdullah II dari Yordania di Gedung Putih pada Senin (12/2).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut Raja Abdullah II dari Yordania di Gedung Putih pada Senin (12/2).

Pertemuan keduanya dilakukan untuk membahas bagaimana mengakhiri perang Israel-Palestina yang telah berlangsung berbulan-bulan dan merencanakan apa yang akan terjadi setelahnya.

Pertemuan dengan Raja Abdullah II terjadi ketika Biden dan para pembantunya berupaya menengahi jeda lagi dalam perang Israel melawan Hamas untuk mengirim bantuan dan pasokan kemanusiaan ke wilayah tersebut dan membebaskan para sandera.

Gedung Putih menghadapi kritik yang semakin besar dari warga Amerika keturunan Arab atas dukungan pemerintah ke Israel, dikutip dari laman AP, Selasa (13/2/2024).

“Elemen-elemen kunci dari kesepakatan tersebut sudah dibahas,” kata Biden di samping raja, meskipun masih ada kesenjangan.

Dia mengatakan bahwa AS akan melakukan “segala kemungkinan” untuk mewujudkan kesepakatan: menghentikan pertempuran setidaknya selama enam minggu dan membebaskan sisa sandera yang ditahan oleh Hamas.

Seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat mengatakan, setelah berminggu-minggu melakukan diplomasi ulang-alik dan percakapan telepon, pada dasarnya kerangka kerja untuk mencapai kesepakatan sudah ada.

Pejabat itu mengatakan, tekanan militer Israel terhadap Hamas di Khan Younis selama beberapa minggu terakhir telah membantu mendekatkan kelompok militan tersebut untuk menerima perjanjian.

Abdullah mengatakan, kepemimpinan Biden adalah kunci untuk mengatasi konflik ini.

“Kita membutuhkan gencatan senjata sekarang,” kata raja.

“Perang ini harus diakhiri.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kutuk Serangan Israel

Yordania dan negara-negara Arab lainnya sangat kritis terhadap tindakan Israel dan menghindari dukungan publik terhadap perencanaan jangka panjang mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya, dengan alasan bahwa pertempuran harus diakhiri sebelum diskusi semacam itu dapat dimulai.

Biden juga mengulangi peringatannya bahwa Israel tidak boleh melancarkan serangan besar-besaran terhadap Rafah.

Biden juga berharap adanya solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina, menambahkan bahwa ia dan raja membahas perlunya Otoritas Palestina, yang memiliki kendali atas beberapa bagian Tepi Barat.

Sementara Raja Abdullah menegaskan bahwa “Pemisahan Tepi Barat dan Gaza tidak dapat diterima.”

3 dari 3 halaman

Kunjungan Yordania dan Amerika Serikat

Sebelumnya, Joe Biden didampingi istrinya Jill menyambut Raja Abdullah dan Ratu Rania, serta putra mahkota Hussein di Gedung Putih.

Itu adalah pertemuan pertama antara sekutu sejak tiga tentara Amerika tewas bulan lalu dalam serangan pesawat tak berawak terhadap pangkalan Amerika di Yordania.

Biden menyalahkan milisi yang didukung Iran atas kematian tersebut, dan merupakan kematian pertama bagi AS setelah berbulan-bulan serangan kelompok tersebut terhadap pasukan Amerika di Timur Tengah sejak dimulainya perang Israel-Hamas.

Biden berencana mengunjungi Yordania selama perjalanannya ke Israel pada Oktober tak lama setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, namun perjalanan itu dibatalkan. Dalam perjalanan pulang dari Israel, Biden mengumumkan bahwa dia membantu menengahi kesepakatan pertama untuk menghentikan sementara pertempuran dan membuka penyeberangan di Rafah untuk bantuan kemanusiaan.

Beberapa bulan setelahnya, para anggota pemerintahannya berulang kali melakukan perjalanan ke wilayah tersebut untuk bertemu dengan para pemimpin di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.