Sukses

Turis Kanada Nekat Buka Pintu Pesawat Jelang Lepas Landas di Thailand, Klaim Ada yang Mau Membunuhnya

Liputan6.com, Bangkok - Seorang turis Kanada dilaporkan mencoba membuka pintu pesawat jelang lepas landas di salah satu bandara di Thailand. Pelaku kemudian diamankan dan mendapat sanksi.

Polisi Thailand mengatakan pada Jumat (9/2/2024) bahwa pihaknya telah mendakwa seorang warga Kanada yang mencoba membuka pintu pesawat, saat sedang menunggu lepas landas dengan alasan seseorang mencoba membunuhnya.

Pria berusia 40 tahun itu berusaha membuka pintu darurat pada penerbangan Thai Airways dengan rute Chiang Mai menuju Bangkok Thailand pada Rabu (7/2).

Pihak berwenang juga menyebut bahwa kejadian itu menyebabkan sejumlah jadwal penerbangan selanjutnya tertunda.

"Dia didakwa dengan dua tuduhan – menyebabkan cedera pada orang lain di dalam pesawat dan tidak mengikuti instruksi staf pesawat," ujar wakil kepala investigasi di kantor polisi Phu Ping Ratchaniwet, Nattawut Noisorn, seperti dilansir CNA, Jumat (9/2).

"Dia mengatakan kepada kami bahwa dia membuka pintu karena seseorang di dalam pesawat mencoba membunuhnya. Dia sangat panik," sambungnya.

Polisi pun tengah menyelidiki apakah dia mengonsumsi obat terlarang sebelum naik pesawat atau menderita penyakit mental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekacauan Terjadi

Salah satu penumpang bernama Watcharapon Pethsurp, yang juga berada dalam penerbangan tersebut menggambarkan situasi yang terjadi.

"Saya sedang duduk di bagian belakang pesawat dan saya mendengar angin kencang dan teriakan dari bagian depan. Terjadi kekacauan," katanya kepada AFP.

"Pria itu berteriak dan mengatakan seorang pria berpakaian hitam mencoba membunuhnya."

Setelah kejadian tersebut, Thai Airways mengeluarkan pernyataan yang mengatakan penerbangan lepas landas lebih dari tiga jam lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan.

3 dari 4 halaman

Kejadian Penumpang Buka Pintu Darurat

Sebelumnya, kejadian serupa dilakukan oleh seorang penumpang Southwest Airlines yang secara tiba-tiba membuka pintu darurat dan naik ke sayap pesawat di Bandara Internasional Louis Armstrong, New Orleans, pada Minggu (26/11/2023).

Pihak berwenang dari Kantor Sheriff Jefferson County memberikan informasi mengenai kejadian tersebut.

Menurut informasi yang diberikan oleh kantor sheriff, pihaknya mendapat informasi mengenai "gangguan" di bandara yakni seorang pria berusia 38 tahun secara tiba-tiba membuka pintu keluar darurat pesawat dan melompat ke bagian sayap.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Kisah Lainnya

Kisah lainnya juga terjadi dalam maskapai penerbangan RyanAir dengan rute Zadar, Kroasia menuju London, Inggris sebelum lepas landas pada Jumat 30 Juni 2023. 

Ketika itu, pesawat masih bergerak di sepanjang landasan pacu di Bandara Zadar dan menuju Bandara London Stansted. 

Insiden itu pun terekam kamera dan dibagikan di platform media sosial. Dalam beberapa video, pria tersebut terlihat berjalan di lorong sambil berteriak, "Buka pintunya, buka pintunya."

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini