Sukses

AS dan Inggris Serang 30 Target Houthi di 13 Lokasi Yaman, Kapal dan Jet Tempur Dikerahkan

AS dan Inggris menyerang 30 target Houthi di Yaman untuk semakin melemahkan kelompok yang didukung Iran.

Liputan6.com, Sana'a - Amerika Serikat dan Inggris menyerang setidaknya 30 sasaran Houthi di Yaman pada Sabtu 3 Januari 2024 dalam gelombang serangan lain yang dimaksudkan untuk semakin melumpuhkan kelompok-kelompok yang didukung Iran, yang telah menyerang kepentingan AS dan internasional sebagai tanggapan terhadap perang Israel-Hamas.

Laporan The Guardian yang dikutip Minggu (4/2/2024) menyebut bahwa Kapal dan jet tempur pada hari Sabtu (3/2) melancarkan serangan terhadap Houthi setelah serangan udara di Irak dan Suriah pada hari Jumat (2/2), yang menargetkan milisi lain yang didukung Iran dan Garda Revolusi Iran sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang menewaskan tiga tentara AS – William Jerome Rivers, Kennedy Ladon Sanders dan Breonna Alexsondria Moffett – di Yordania akhir pekan lalu.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan tindakan militer tersebut "mengirimkan pesan yang jelas kepada Houthi bahwa mereka akan terus menanggung konsekuensi lebih lanjut jika mereka tidak mengakhiri serangan ilegal terhadap pelayaran internasional dan kapal angkatan laut."

Sasaran Houthi berada di 13 lokasi berbeda di Yaman, dihantam oleh jet tempur F/A-18 AS dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower, pesawat tempur Typhoon FGR4 milik Inggris, dan kapal perusak USS Gravely dan USS Carney yang menembakkan rudal Tomahawk dari Laut Merah, menurut pejabat AS dan kementerian pertahanan Inggris.

Adapun pihak berwenang AS tidak memiliki wewenang untuk membahas secara terbuka operasi militer tersebut dan berbicara dengan syarat anonimitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Serangan Ketiga AS-Inggris

Serangan pada hari Sabtu (3/2) menandai ketiga kalinya AS dan Inggris melakukan operasi gabungan besar-besaran untuk menyerang peluncur, situs radar, dan drone Houthi. Namun kelompok Houthi telah menegaskan bahwa mereka tidak berniat mengurangi serangan mereka.

Pada hari Jumat (2/2), kapal perusak AS Laboon dan F/A-18 dari Eisenhower menembak jatuh tujuh drone yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi ke Laut Merah; kapal perusak Carney juga menembak jatuh sebuah drone yang ditembakkan di Teluk Aden dan pasukan AS mengeluarkan empat drone lagi yang siap diluncurkan.

Beberapa jam sebelum operasi gabungan terbaru, AS kembali melakukan serangan pertahanan diri di sebuah lokasi di Yaman, menghancurkan enam rudal jelajah anti-kapal, seperti yang berulang kali dilakukan AS ketika mendeteksi rudal atau drone yang siap diluncurkan.

AS memperingatkan bahwa tanggapannya setelah kematian tentara di pangkalan Tower 22 di Yordania pada Minggu lalu tidak akan terbatas pada satu malam, satu sasaran, atau satu kelompok. Meskipun belum ada dugaan bahwa Houthi bertanggung jawab secara langsung, mereka telah menjadi salah satu musuh utama AS sejak Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

3 dari 5 halaman

Serangan Houthi ke Kapal Komersial dan Militer yang Transit di Laut Merah

Kelompok Houthi hampir setiap hari melakukan serangan rudal atau drone terhadap kapal-kapal komersial dan militer yang transit di Laut Merah dan Teluk Aden, dan mereka telah menjelaskan bahwa mereka tidak berniat untuk mengurangi serangan mereka meskipun ada tekanan dari kampanye serangan dari Amerika dan Inggris.

Mohammed al-Bukhaiti, seorang pejabat Houthi, mengatakan "operasi militer melawan Israel akan terus berlanjut sampai kejahatan genosida di Gaza dihentikan dan pengepungan terhadap penduduknya dicabut, tidak peduli seberapa besar pengorbanan yang harus kita tanggung.” Dia menulis secara online bahwa "agresi Amerika-Inggris terhadap Yaman tidak akan terjawab, dan kita akan menghadapi eskalasi dengan eskalasi".

Pemerintahan Joe Biden telah mengindikasikan bahwa serangan ini kemungkinan bukan yang terakhir. AS menyalahkan serangan Yordania terhadap Perlawanan Islam di Irak, sebuah koalisi milisi yang didukung Iran. Iran telah berusaha menjauhkan diri dari serangan pesawat tak berawak tersebut, dengan mengatakan bahwa milisi bertindak secara independen dan tidak tergantung pada arahannya.

 

4 dari 5 halaman

Serangan AS-Inggris ke Houthi di Yaman Didukung 6 Negara

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan tindakan militer tersebut, dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Belanda, dan Selandia Baru, "mengirimkan pesan yang jelas kepada Houthi bahwa mereka akan terus menanggung konsekuensi lebih lanjut jika mereka tidak mengakhiri serangan ilegal mereka terhadap negara-negara internasional. pelayaran dan kapal angkatan laut".

Dia menambahkan: ""Kami tidak akan ragu untuk membela kehidupan dan arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia."

Pentagon mengatakan serangan itu menargetkan situs-situs yang terkait dengan fasilitas penyimpanan senjata, sistem dan peluncur rudal, pertahanan udara, radar dan helikopter yang terkubur dalam milik Houthi. Militer Inggris mengatakan pihaknya menyerang stasiun kendali darat di sebelah barat ibu kota Yaman, Sana’a, yang digunakan untuk mengendalikan drone Houthi yang diluncurkan terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Presiden AS, Joe Biden, diberi pengarahan mengenai serangan tersebut sebelum dia meninggalkan Delaware pada hari Sabtu (3/2) untuk perjalanan kampanye di pantai barat, menurut seorang pejabat pemerintah.​

5 dari 5 halaman

Serangan ke Houthi Pesan untuk Iran

Serangan di Yaman dimaksudkan untuk menggarisbawahi pesan yang lebih luas kepada Iran bahwa Washington menganggap Teheran bertanggung jawab mempersenjatai, mendanai dan melatih sejumlah milisi – mulai dari Hizbullah di Lebanon, Hamas di Gaza, Perlawanan Islam di Irak dan Houthi di Yaman – yang berada di balik serangan di Timur Tengah terhadap kepentingan AS dan internasional.

Video yang dibagikan secara online oleh orang-orang di Sana'a termasuk suara ledakan dan setidaknya satu ledakan terlihat menerangi langit malam. Warga menggambarkan ledakan tersebut terjadi di sekitar bangunan yang terkait dengan kompleks kepresidenan Yaman. Kantor berita Saba yang dikuasai Houthi melaporkan serangan di provinsi al-Bayda, Dhamar, Hajjah, Hodeida, Taiz dan Sana’a.

Serangan Houthi telah menyebabkan perusahaan pelayaran mengubah rute kapal mereka dari Laut Merah, mengirim mereka berkeliling Afrika melalui  Cape of Good Hope (Tanjung Harapan) – jalur yang jauh lebih panjang, mahal dan kurang efisien. Ancaman tersebut juga telah mendorong AS dan sekutunya untuk membentuk misi bersama di mana kapal perang dari negara-negara peserta menyediakan payung pelindung pertahanan udara bagi kapal-kapal saat mereka melintasi jalur air penting yang membentang dari Terusan Suez hingga Selat Bab el-Mandeb.

Selama operasi normal, sekitar 400 kapal komersial transit di Laut Merah bagian selatan pada waktu tertentu.

Setelah serangan pada hari Jumat (2/2) di Irak dan Suriah, Hussein al-Mosawi, juru bicara Harakat al-Nujaba, salah satu milisi utama yang didukung Iran di Irak, mengatakan Washington "harus memahami bahwa setiap tindakan menimbulkan reaksi”. Namun dalam wawancara AP di Bagdad, dia juga menyampaikan nada yang lebih berdamai. “Kami tidak ingin meningkatkan atau memperluas ketegangan regional," katanya.

Para pejabat Irak telah berusaha untuk mengekang milisi, sekaligus mengutuk serangan balasan AS sebagai pelanggaran kedaulatan Irak dan menyerukan keluarnya 2.500 tentara AS yang berada di Irak sebagai bagian dari koalisi internasional untuk melawan ISIS.

Pada Januari 2023, para pejabat militer Irak dan AS meluncurkan pembicaraan formal untuk mengurangi kehadiran koalisi, sebuah proses yang mungkin memakan waktu bertahun-tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini