Sukses

Serangan Pisau di Paris Lukai 3 Orang, Pelaku Ditangkap

Polisi mengatakan indikasi awal menunjukkan serangan pisau ini tidak ada hubungannya dengan terorisme.

Liputan6.com, Paris - Seorang pria ditangkap setelah menikam tiga orang di stasiun kereta api yang sibuk di Paris, Prancis.

Laporan menyebutkan tersangka pertama kali ditangani oleh penumpang dan agen keamanan di Gare de Lyon sebelum pukul 08.00 pada Sabtu (3/2/2024), sebelum petugas tiba di tempat kejadian. Polisi mengatakan indikasi awal menunjukkan serangan pisau itu tidak ada hubungannya dengan terorisme.

Ketiga korban, yang berada di aula nomor tiga di lantai bawah stasiun, menderita luka yang tidak mengancam jiwa. Dua orang dibawa ke rumah sakit, salah satunya dikatakan mengalami luka serius.

Media Prancis melaporkan bahwa pria yang ditangkap, yang diduga membawa pisau dan palu, berasal dari Mali dan telah menunjukkan SIM Italia kepada polisi selama penangkapannya.

Dalam laporannya, Le Figaro mengatakan pria berusia 32 tahun itu mencoba membakar ranselnya sebelum polisi tiba. Surat kabar tersebut mengutip sumber polisi yang mengatakan bahwa pelaku tampaknya mengalami isu psikologis.

"Profilnya adalah seseorang yang merupakan campuran antara tunawisma dan orang yang memiliki masalah kejiwaan," kata sumber polisi kepada surat kabar tersebut, seperti dilansir The Guardian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyelidikan Resmi

Polisi telah membuka penyelidikan resmi atas serangan pisau tersebut.

Ada beberapa serangan pisau di ibu kota Prancis dalam setahun terakhir. Pada Desember 2023, seorang pria Prancis berusia 26 tahun menikam seorang turis Jerman hingga tewas di dekat Menara Eiffel.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan saat itu telah terjadi kegagalan dalam perawatan kejiwaan tersangka.

3 dari 3 halaman

Salah Satu Stasiun Sibuk

Pada Januari tahun lalu, enam orang terluka dalam serangan pisau di Gare du Nord di Paris. Penyerang ditembak tiga kali oleh polisi.

Gare de Lyon adalah salah satu dari enam stasiun kereta api jalur utama di Paris. Jalur ini melayani kereta api nasional ke tenggara Prancis dan jalur internasional ke Swiss, Italia, dan Spanyol. Stasiun ini juga merupakan pusat layanan kereta pinggiran kota dan Metro Paris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini