Sukses

Burung Merpati yang Dicurigai Jadi Mata-Mata China Dibebaskan Setelah Ditahan 8 Bulan

Burung itu ditemukan pada Mei 2023 dengan dua cincin diikatkan di kakinya yang menampilkan huruf dalam bahasa Mandarin.

Liputan6.com, New Delhi - Seekor burung merpati yang sempat dituduh sebagai mata-mata China dibebaskan oleh polisi India ke alam liar.

Burung itu ditangkap pada Mei 2023 di dekat sebuah pelabuhan di Mumbai, dengan dua cincin diikatkan di kakinya yang menampilkan huruf dalam bahasa Mandarin.

Mencurigainya sebagai spionase, polisi menahan merpati tersebut dan kemudian membawanya ke Rumah Sakit Hewan Bai Sakarbai Dinshaw Petit di Mumbai.

Dilansir Telegraph, Sabtu (3/2/2024), investigasi polisi selama tiga bulan menemukan bahwa merpati itu sebenarnya adalah burung balap di perairan terbuka dari Taiwan yang melarikan diri dan terbang ke India. 

Temui Ashar, pejabat di People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) India mengatakan, "Sekarang, merpati akhirnya bebas terbang di angkasa seperti yang seharusnya dilakukan setiap burung."

Keputusan pelepasan burung merpati tersebut tak lepas dari upaya PETA dalam melobi polisi India.

"PETA India menangani 1.000 panggilan telepon darurat hewan dalam seminggu, tapi ini adalah kasus pertama kami mengenai tersangka mata-mata yang perlu dibebaskan dari hukuman penjara yang keliru," kata Ashar.

"Pihak berwenang menemukan burung yang tidak bersalah itu sehat dan tidak perlu ditempatkan di kandang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Temuan Mencurigakan

Ravindar Patil, asisten sub-inspektur polisi Mumbai yang ditugaskan menangani kasus ini, mengatakan dia mengirimkan salah satu cincin di kaki burung itu untuk diuji dan menemukan sebuah chip dengan informasi lokasi dari mana asalnya. Namun, tulisan di cincin itu pudar dan tidak terbaca.

"Tidak ada hal lain yang mencurigakan," katanya.

Ia menambahkan, "Dia mungkin lemah dan terluka, lalu naik ke kapal dan mendarat di sini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini