Sukses

Dokumen Intelijen Israel Klaim 190 Pegawai UNRWA Terkait Serangan Hamas Pemicu Perang di Gaza

Sebuah dokumen intelijen Israel yang mendorong beberapa negara untuk menghentikan dana ke badan bantuan PBB untuk Palestina memuat tuduhan bahwa beberapa staf terlibat dalam penculikan dan pembunuhan selama serangan 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza.

Liputan6.com, Jenewa - Sebuah dokumen intelijen Israel yang mendorong beberapa negara untuk menghentikan dana ke badan bantuan PBB untuk Palestina memuat tuduhan bahwa beberapa staf terlibat dalam penculikan dan pembunuhan selama serangan 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza.

Dokumen setebal enam halaman itu, yang dilihat oleh Reuters, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (30/1/2024), menuduh bahwa sekitar 190 pegawai UNRWA, termasuk guru, pernah bertugas sebagai militan Hamas atau Palestinian Islamic Jihad/PIJ (Jihad Islam). Dokumen tersebut memiliki nama dan gambar untuk 11 di antaranya.

PBB belum secara resmi menerima salinan dokumen tersebut, kata juru bicara PBB Stephane Dujarric pada hari Senin (29/1).

Palestina menuduh Israel memalsukan informasi untuk mencemarkan nama baik UNRWA, dan mengatakan bahwa Israel telah memecat beberapa staf dan sedang menyelidiki tuduhan tersebut.

Dokumen tersebut mengatakan salah satu dari 11 orang tersebut adalah seorang konselor sekolah yang membantu putranya menculik seorang wanita selama infiltrasi Hamas di mana Israel mengatakan 1.200 orang terbunuh dan 253 orang diculik.

Seorang lainnya, seorang pekerja sosial UNRWA, dituduh terlibat secara tidak spesifik dalam memindahkan jenazah tentara Israel yang terbunuh ke Gaza dan mengoordinasikan pergerakan truk pikap yang digunakan oleh para perampok dan memasok senjata.

Orang Palestina ketiga dalam dokumen tersebut dituduh mengambil bagian dalam kekerasan di Desa Beeri di perbatasan Israel, di mana sepersepuluh penduduknya terbunuh. Orang keempat dituduh berpartisipasi dalam serangan di Reim, sebuah pangkalan militer yang dikuasai dan pesta seks yang menewaskan lebih dari 360 orang.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan Ketua UNRWA Philippe Lazzarini harus mundur. "Pegawai UNRWA ikut serta dalam pembantaian pada 7 Oktober," katanya.

Lazzarini harus mengambil kesimpulan dan mengundurkan diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Palestina Tuding Israel Lakukan Serangan Politik Terencana

Sementara itu, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh menuduh Israel melakukan "serangan politik terencana" terhadap badan bantuan PBB untuk Palestina UNRWA, yang telah lama ia kritik, dan menyerukan pemulihan dana bantuan.

Berkas tersebut ditunjukkan kepada Reuters oleh sumber yang tidak dapat disebutkan namanya atau diidentifikasi. Sumber tersebut mengatakan bahwa laporan tersebut dikumpulkan oleh intelijen Israel dan dibagikan kepada Amerika Serikat, yang pada hari Jumat menangguhkan pendanaan untuk UNRWA.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa 190 orang yang disebutkan dalam dokumen tersebut adalah “pejuang tangguh, pembunuh” sementara secara keseluruhan sekitar 10 persen staf UNRWA diyakini memiliki afiliasi yang lebih umum dengan Hamas dan kelompok Jihad Islam.

Badan tersebut mempekerjakan 13.000 orang di Gaza. Lebih dari 10 negara, termasuk donor utama Amerika Serikat dan Jerman, telah menghentikan pendanaan mereka untuk badan tersebut.

3 dari 4 halaman

Masalah Besar

Penyetopan bantuan ini merupakan masalah besar bagi lembaga tersebut, yang mana lebih dari separuh dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza bergantung pada bantuan harian mereka, dan lembaga ini telah mengalami kesulitan akibat perang Israel terhadap Hamas di daerah kantong tersebut.

UNRWA mengatakan pada hari Senin (29/1) bahwa pihaknya tidak akan dapat melanjutkan operasi di Gaza dan seluruh wilayah tersebut setelah akhir Februari jika pendanaan tidak dilanjutkan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dijadwalkan bertemu dengan donor utama UNRWA di New York pada hari Selasa (30/1), kata Dujarric.

Sebelumnya, Guterres berbicara pada hari Senin (29/1) dengan para pemimpin Yordania dan Mesir dan juga bertemu dengan kepala penyelidikan internal PBB untuk memastikan bahwa penyelidikan atas tuduhan Israel “akan dilakukan secepat dan seefisien mungkin," kata Dujarric.

Washington akan sangat memperhatikan langkah-langkah yang diambil UNRWA dalam menanggapi tuduhan tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada konferensi pers, menggambarkan tuduhan tersebut sebagai "sangat kredibel" dan "sangat, sangat meresahkan."

4 dari 4 halaman

Operasi Bantuan Terbahaya

Ditanya dalam kondisi apa dan seberapa cepat AS dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan dukungan untuk UNRWA, Blinken mengatakan, "Sangat penting bagi UNRWA untuk segera melakukan penyelidikan, katanya, untuk meminta pertanggungjawaban masyarakat jika diperlukan, dan untuk meninjau prosedurnya."

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB, UNRWA dibentuk untuk para pengungsi dari perang tahun 1948 selama berdirinya Israel di wilayah yang dulunya merupakan wilayah Palestina yang dikuasai Inggris. Ia juga merawat jutaan keturunan pengungsi asli di wilayah Palestina dan luar negeri.

Israel telah lama menuduh UNRWA melanggengkan konflik dengan mencegah pemukiman kembali pengungsi dan pernah mengatakan bahwa staf badan tersebut ikut serta dalam serangan bersenjata. Sementara UNRWA membantah melakukan kesalahan apa pun​.

"Dari informasi intelijen, dokumen dan kartu identitas yang disita selama pertempuran, kini dimungkinkan untuk menandai sekitar 190 anggota teroris Hamas dan PIJ (Palestinian Islamic Jihad) yang bertugas sebagai pegawai UNRWA," kata dokumen berbahasa Ibrani itu.

Mereka menuduh Hamas "secara metodis dan sengaja mengerahkan infrastruktur terorisnya di berbagai fasilitas dan aset PBB" termasuk sekolah. Hamas membantah hal itu.

Dua orang yang diduga anggota Hamas yang dikutip dalam dokumen tersebut digambarkan telah "dihilangkan" atau dibunuh oleh pasukan Israel. Orang Palestina ke-12 yang nama dan fotonya diberikan dikatakan tidak memiliki keanggotaan faksi dan telah menyusup ke Israel pada 7 Oktober.

Yang juga masuk dalam daftar 12 orang tersebut adalah seorang guru UNRWA yang dituduh mempersenjatai dirinya dengan roket anti-tank, seorang guru lainnya yang dituduh merekam seorang sandera, dan manajer sebuah toko di sekolah UNRWA yang dituduh membuka ruang perang untuk kelompok Jihad Islam.

Lebih dari 26.000 orang telah terbunuh dalam kampanye militer Israel melawan Hamas di Gaza, kata kementerian kesehatan di wilayah tersebut. Ketika aliran bantuan seperti makanan dan obat-obatan hanya sedikit dibandingkan dengan tingkat sebelum konflik, kematian akibat penyakit yang dapat dicegah serta risiko kelaparan semakin meningkat, kata para pekerja bantuan.

Sebagian besar warga Gaza menjadi lebih bergantung pada bantuan UNRWA, termasuk sekitar satu juta orang yang melarikan diri dari pemboman Israel untuk berlindung di fasilitas UNRWA.

"Organisasi-organisasi teroris secara sinis mengeksploitasi penduduk Jalur Gaza dan organisasi-organisasi internasional yang misinya memberikan bantuan… dan dengan melakukan hal tersebut secara de facto menyebabkan kerugian bagi penduduk Jalur Gaza," kata dokumen tersebut.

Pada akhir pekan, Guterres berjanji untuk meminta pertanggungjawaban setiap karyawan yang terlibat dalam tindakan “menjijikkan” tetapi meminta negara-negara untuk terus mendanai UNRWA karena alasan kemanusiaan.

"Puluhan ribu pria dan wanita yang bekerja untuk UNRWA, banyak di antaranya berada dalam situasi paling berbahaya bagi pekerja kemanusiaan, tidak boleh dihukum," kata Guterres pada Minggu. “Kebutuhan mendesak dari masyarakat yang putus asa yang mereka layani harus dipenuhi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini