Sukses

Seperti Perang Dunia I, Garis Depan Perang Rusia di Ukraina 'Diserbu' Tikus Penyebar Penyakit

Tikus mengerumuni parit-parit di Ukraina yang mengingatkan kita pada Perang Dunia I. Kawanan pengerat itu penyebar penyakit muntah dan tentara mengeluarkan darah dari mata, melumpuhkan kemampuan tempur.

Liputan6.com, Zaporizhzhia - Garis depan perang Rusia di Ukraina kini menghadapi kawanan tikus, yang dilaporkan menyebarkan penyakit penyebab tentara muntah dan mengeluarkan darah dari mata mereka, melumpuhkan kemampuan tempur dan menciptakan kembali kondisi mengerikan yang melanda pasukan dalam perang parit pada World War I alias Perang Dunia I.

Seorang prajurit wanita Ukraina yang disebut Kira, mengenang bagaimana batalionnya dilanda "epidemi tikus" pada musim gugur yang lalu ketika berperang di wilayah selatan Zaporizhzhia.

"Bayangkan saat Anda tidur, dan malam dimulai dengan seekor tikus merayap ke dalam celana atau sweter, atau mengunyah ujung jari, atau menggigit tangan Anda. Anda bisa tidur dua atau tiga jam, tergantung seberapa beruntungnya Anda," kata Kira kepada CNN yang dikutip Senin (22/1/2024).

Dia memperkirakan ada sekitar 1.000 tikus di ruang istirahat empat tentaranya. "Bukan tikus yang mengunjungi kami; kami adalah tamu mereka."

Serangan ini sebagian disebabkan oleh perubahan musim dan siklus kawin tikus, namun juga merupakan ukuran bagaimana perang menjadi statis, setelah serangan balasan Ukraina sebagian besar dicegat oleh pertahanan Rusia yang dijaga ketat. Di tengah musim dingin yang keras, tikus mencari makan di sepanjang garis depan sepanjang hampir 1.000 kilometer (621 mil), menyebarkan penyakit dan ketidakpuasan saat mereka mencari makanan dan kehangatan.

Kira mengatakan dia mencoba segala cara untuk mengusir tikus dari bunker mereka: menaburkan racun, menyemprotkan amonia, bahkan berdoa. Toko-toko terdekat menjual produk-produk anti-tikus dan menyebabkan terjadinya pembunuhan, katanya. Namun, karena tikus terus berdatangan, mereka mencoba metode lain.

"Kami punya kucing bernama Busia, awalnya dia juga membantu dan memakan tikus. Tapi belakangan jumlahnya begitu banyak sehingga dia menolak. Seekor kucing bisa menangkap satu atau dua tikus, tapi jika jumlahnya 70, itu tidak realistis."

Video yang dibagikan di media sosial oleh tentara Ukraina dan Rusia menunjukkan sejauh mana kawanan hewan pengerat itu beraksi di garis depan. Tikus berukuran besar dan kecil terlihat berlarian di bawah tempat tidur, dalam ransel, generator listrik, saku mantel, dan sarung bantal. Salah satunya menunjukkan tikus keluar dari menara mortir Rusia seperti peluru dari senapan.

Di gambar lain yang beredar, seekor kucing mencoba menangkap tikus dari kursi santai, lalu seorang tentara mengetuk bagian atas kursi dan lusinan tikus kecil lainnya berjatuhan ke bawah. Kucing yang kalah jumlah, akhirnya mengaku kalah dan mundur meninggalkan kawanan tikus-tikus kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Intelijen militer Ukraina Telah Melaporkan Epidemi Tikus pada Desember 2023

Intelijen militer Ukraina pada Desember 2023 sejatinya telah melaporkan wabah mouse fever (demam tikus) di banyak unit Rusia di sekitar Kupiansk di wilayah Kharkiv, yang telah diklaim oleh Moskow selama berbulan-bulan. Laporan tersebut mengatakan penyakit ini ditularkan dari tikus ke manusia "melalui menghirup debu kotoran tikus atau dengan menelan kotoran tikus dalam makanan."

CNN belum dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen, namun menurut militer Ukraina, gejala penyakit yang mengerikan ini antara lain demam, ruam, tekanan darah rendah, pendarahan di mata, muntah-muntah, dan karena penyakit ini menyerang ginjal, nyeri punggung parah dan masalah buang air kecil.

Hasilnya, kata Intelijen Pertahanan Ukraina, adalah "demam tikus" telah mengurangi kemampuan tempur tentara Rusia secara signifikan.” Namun tidak disebutkan apakah pasukan Ukraina juga terkena dampak serupa.​

Pihak berwenang Ukraina tidak menyebutkan kondisi spesifik yang menyerang pasukan Rusia, namun ada sejumlah penyakit yang berhubungan dengan tinggal di dekat hewan pengerat yang memiliki gejala serupa, termasuk tularemia, leptospirosis, dan hantavirus.

Laporan ini mengingatkan kita pada Perang Dunia I, ketika tumpukan sampah dan mayat yang membusuk memungkinkan "tikus parit" berkembang biak dengan cepat. Tikus aktif di malam hari dan sering kali paling sibuk saat tentara mencoba beristirahat, sehingga menyebabkan stres yang sangat besar.

Robert Graves, seorang penyair Inggris yang berjuang di parit, mengenang dalam memoarnya bagaimana tikus “keluar dari kanal, memakan banyak mayat, dan berkembang biak dengan pesat." Ketika seorang petugas baru tiba, pada malam pertamanya dia "mendengar keributan, menyorotkan senternya ke tempat tidur, dan menemukan dua ekor tikus di selimutnya berebut untuk mendapatkan potongan tangan."

Pada Perang Dunia I, populasi tikus membengkak ketika konflik terhenti. Dan ada kekhawatiran bahwa perang Rusia di Ukraina juga menyebabkan hal yang sama.

Panglima angkatan bersenjata Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhny, mengatakan kepada The Economist akhir tahun 2023 lalu: “Sama seperti dalam perang dunia pertama, kita telah mencapai tingkat teknologi yang membuat kita menemui jalan buntu."

3 dari 4 halaman

Serangan Tikus Akibat Dampak Perang

Ihor Zahorodniuk, seorang peneliti di Museum Nasional Sejarah Nasional Ukraina, mengatakan kepada CNN bahwa serangan tikus tidak hanya disebabkan oleh puncak reproduksi hewan pengerat pada musim gugur, tetapi juga karena dampak perang itu sendiri.

Tanaman musim dingin yang ditanam pada musim gugur tahun 2021 tidak dipanen di banyak tempat pada tahun 2022 dan menghasilkan penyemaian sendiri yang melimpah. Tikus-tikus yang berkembang biak di sana selamat dari musim dingin yang sangat hangat dan terus memanen tanaman baru," katanya. Perang juga telah menyebarkan predator alami sehingga tikus dapat berkembang biak dengan lebih bebas.

Selain menyebabkan kecemasan dan penyakit di kalangan tentara, tikus juga merusak peralatan militer dan listrik. Saat bekerja sebagai pemberi sinyal dan tinggal terpisah dari pasukan tempur lainnya di Zaporizhzhia, Kira mengatakan tikus “berhasil memanjat ke dalam kotak logam dan mengunyah kabel,” sehingga mengganggu komunikasi.

"Tikus-tikus itu mengunyah semuanya: radio, repeater, kabel. Tikus masuk ke dalam mobil dan mengunyah kabel listrik sehingga mobil tidak bisa berjalan, juga menggerogoti tangki dan roda," kata Kira. "Kerugian akibat tikus di ruang istirahat kami saja mencapai satu juta hryvnia [$26,500]."

Zahorodniuk menekankan bahwa kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat parah, "karena hilangnya komunikasi dapat menyebabkan hilangnya nyawa."

4 dari 4 halaman

Musim Dingin dan Tikus

Ketika Ukraina kembali menghadapi musim dingin, masalahnya mungkin akan bertambah buruk sebelum menjadi lebih baik. "Udara akan menjadi semakin dingin, dan mereka akan semakin banyak masuk ke dalam parit. Situasinya tidak akan berubah sampai mereka semua melalui ini," kata Ihor Zahorodniuk, seorang peneliti di Museum Nasional Sejarah Nasional Ukraina.

Dalam Perang Dunia I, tentara tidak dapat menyelesaikan masalah tikus parit. Sebaliknya, mereka membunuh tikus untuk olahraga mereka. Mencoba melontarkan bayonet menjadi salah satu bentuk hiburan. Populasinya tidak berkurang sampai perang berakhir. Namun Zahorodniuk memperingatkan Ukraina agar tidak membiarkan hal serupa terjadi lagi.

"Perang melawan mereka harus diorganisir dan tidak bergantung pada tentara dan sukarelawan yang tidak memikirkan cara untuk berperang. Ini salah. Bagaimanapun, ini adalah masalah kemampuan tempur tentara. Kita harus menjaga tentara kita.”​

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini