Sukses

Gibran Kaitkan Inflasi Hijau dengan Gerakan Rompi Kuning, Apa Hubungannya?

Gibran bertanya kepada Mahfud MD soal inflasi hijau. Tapi apakah pemahaman soal itu sudah benar?

Liputan6.com, Jakarta - Debat panas terjadi antara Cawapres RI Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka. Pada sesi tanya-jawab antara cawapres, Gibran bertanya kepada Mahfud MD soal inflasi hijau (greenflation). 

Pengertian greenflation adalah ketika transisi energi dituding memicu inflasi

Mahfud MD disebut Gibran tidak memahami isu greenflation, sehingga menjawab dengan ekonomi hijau dan sirkular. 

Usia Mahfud MD menjawab, Gibran langsung melakukan gimmick kebingungan mencari-cari jawaban Mahfud MD karena dianggap tidak nyambung.

Gibran kemudian memberikan contoh untuk Mahfud MD dengan membawa gerakan Rompi Kuning (gilets jaunes) di Prancis. 

"Ya kita kasih contoh yang simple aja. Demo rompi kuning di Prancis. Bahaya sekali. Sudah memakan korban. Ini yang harus diantisipasi. Jangan sampai terjadi di Indonesia. Kita belajar dari negara maju," ujar Gibran. "Intinya transisi menuju energi hijau itu harus super hati-hati."

Namun, sayangnya Gibran tidak memberi penjelasan apa hubungan greenflation dan Rompi Kuning. 

Gerakan Rompi Kuning di Prancis sebenarnya fokus ke berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan kelas pekerja. Pada 2018, Presiden Prancis Emmanuel Macron akhirnya berjanji untuk menaikkan upah dan meringankan pajak setelah demo Rompi Kuning.

Menurut euroactiv, pajak yang dimaksud adalah pajak karbon yang menaikkan harga BBM, sehingga memicu protes.

Meski masalah Rompi Kuning ada kaitan dengan transisi energi, Gibran sendiri tidak menjelaskan kaitannya ke inflasi hijau yang ia pertanyakan ke Mahmud MD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Sentil Cak Imin Pakai Botol Plastik saat Debat Cawapres

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, menanggapi pertanyaan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, terkait strategi dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

"Pak Gibran Indonesia ini terdiri dari berbagai pure regional dimana kita harus betul-betul mengerti agar pembangunan kita tepat sasaran, dan tumbuh dengan baik. Bagaimana stategi anda melaksanakan pembangunan pure regional ini agar keadilan iklim terjadi, keadilan sosial terwujud, keadilan ekologi terlaksana dengan baik, dan keadilan antar generasi juga terwujud sekaligus keadilan sosial?," tanya Cak Imin dalam debat Cawapres kedua di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dalam kesempatan ini, Gibran menyentil pertanyaan Cak Imin dengan botol plastik. Pasalnya, Cak Imin menggunakan botol minum berbahan plastik, dimana bahan tersebut merupakan bahan yang lama terurai.

"Gus Imin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkunnngan hidup kok pakai botol-botol plastik itu, padahal saya, pak Ganjar, dan Prof. Mahfud pakai botol kaca, itu bagaimana komitmennya. Tapi gak apa-apa kita kembali ke topik," jawab Gibran.

3 dari 3 halaman

Gibran Sebut Bakal Ada 5 Juta Green Jobs

Gibran Rakabuming Raka menyebutkan akan membuka 5 juta green jobs seiring agenda hilirisasi, transisi energi hijau, dan ekonomi kreatif terus ditingkatkan.

Gibran menuturkan, potensi energi baru terbarukan (EBT) luar biasa yang mencapai 3.600 mw berasal dari energi surya, angin, bioethanol, dan panas bumi. Untuk menggenjot potensi itu, menurut Gibran Rakabuming Raka perlu kerja sama pentahelix dan mendorong agenda hiliriasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, dan UMKM.

“Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. (Dari 19 juta lapangan kerja-red) ada 5 juta green jobs. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan tren masa kini dan masa depan,” kata Gibran.

Selain itu, untuk mensejahterakan petani, Gibran memastikan ketersediaan pupuk dan bibit. Sedangkan untuk kestabilan pangan, Gibran janji dengan optimalkan tingkat pengendalian inflasi daerah (TPID) hingga badan pangan.

Debat capres dan cawapres memasuki debat keempat atau debat kedua untuk cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat yakni tema energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga kandidat yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar memaparkan visi misi dalam debat cawapres. Demikian dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.