Sukses

Amerika Serikat Update Status Houthi di Yaman Jadi Kelompok Teroris Global

Sejak perang Hamas Vs Israel pada 7 Oktober, pemberontak Houthi telah melancarkan puluhan serangan drone dan rudal terhadap kapal dagang di Laut Merah dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat (AS) pada Rabu (17/1/2024) menyatakan pemberontak Houthi di Yaman sebagai Kelompok Teroris Global yang Ditetapkan Secara Khusus (SDGT), langkah yang dilakukan di tengah berlanjutnya serangan mereka terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah.

Langkah, yang diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri AS dan Gedung Putih, tersebut membalikkan sebagian keputusan Kementerian Luar Negeri AS pada Februari 2021 yang menghapus penetapan SDGT.

"Hari ini, sebagai respons terhadap ancaman dan serangan yang terus berlanjut ini, AS mengumumkan penetapan Ansarallah, yang juga dikenal sebagai Houthi, sebagai Teroris Global yang Ditetapkan Secara Khusus," kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan, seperti dikutip dari CBS News, Kamis (18/1).

"Penunjukan ini merupakan alat penting untuk menghalangi pendanaan teroris ke Houthi, semakin membatasi akses mereka ke pasar keuangan, dan meminta pertanggungjawaban mereka atas tindakan mereka."

Keputusan Kementerian Luar Negeri AS pada tahun 2021 juga menghapus penetapan kelompok tersebut sebagai organisasi teroris asing (FTO), dan penetapan pada Rabu tidak mengembalikan karakterisasi tersebut.

Penunjukan SDGT berbeda dari FTO karena mempunyai implikasi berbeda terhadap potensi penyaluran bantuan kemanusiaan. Label FTO dapat memicu sanksi bagi mereka yang memberikan dukungan material kepada kelompok yang ditunjuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Implikasi Berbeda

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan, "Penetapan SDGT memberikan fleksibilitas yang lebih baik untuk mencapai tujuan yang kita miliki, yaitu menjaga bantuan kemanusiaan serta kesejahteraan masyarakat Yaman yang lebih luas sambil tetap melawan serangan terorisme yang tidak dapat diterima yang dilakukan Houthi."

Sejak perang Hamas Vs Israel pada 7 Oktober, pemberontak Houthi telah melancarkan puluhan serangan drone dan rudal terhadap kapal dagang di Laut Merah dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Ketika ditanya oleh wartawan pada 12 Januari apakah Houthi adalah kelompok teroris, Presiden Joe Biden menjawab, "Saya kira memang demikian."

Pernyataan Biden tersebut muncul pada hari yang sama ketika pasukan AS dan Inggris, dengan dukungan dari Bahrain, Australia, Kanada, dan Belanda, melancarkan serangan udara putaran pertama mereka terhadap puluhan situs Houthi di Yaman.

Para pejabat AS, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken, telah memperingatkan selama berminggu-minggu mengenai konsekuensi yang tidak ditentukan bagi Houthi, sambil menekankan perlunya mencegah konflik Gaza meluas ke seluruh Timur Tengah.

3 dari 3 halaman

Klaim AS Soal Bukti Dukungan Iran ke Houthi

Pada Senin (15/1), kelompok Houthi melanjutkan serangan mereka dengan menembakkan rudal balistik ke kapal kontainer yang dimiliki dan dioperasikan oleh AS. Tidak ada cedera atau kerusakan serius.

Para pejabat AS mengatakan pada Selasa bahwa AS melakukan serangan pencegahan untuk menghancurkan rudal balistik anti-kapal yang siap diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman. Milisi kemudian menyerang sebuah kapal dagang, menyebabkan kerusakan, namun tidak ada korban luka.

"Kami sepenuhnya mengantisipasi, ketika kami meluncurkan salvo pada Jumat (12/1) malam, Houthi mungkin akan melakukan beberapa serangan balasan," kata Kirby pada Selasa, merujuk pada operasi 12 Januari.

"Kami percaya bahwa kami mempunyai dampak yang baik dengan serangan-serangan tersebut dalam hal mengganggu dan menurunkan kemampuan mereka untuk melakukan operasi ofensif militer."

Rangkaian serangan telah memaksa beberapa kapal untuk sepenuhnya menghindari Laut Merah, sehingga menyebabkan gangguan pelayaran ke seluruh dunia.

Gedung Putih berulang kali menuduh Iran terlibat dalam serangan Houthi di Laut Merah, tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

Namun, Pentagon pada Selasa melaporkan bahwa, pada akhir pekan, pihaknya menyita satu kapal berisi "senjata konvensional canggih" yang dikirim dari Iran ke Houthi.

Jenderal Michael Erik Kurilla dari Komando Pusat AS menyebutnya sebagai bukti bahwa Iran terus mengirimkan bantuan mematikan tingkat lanjut kepada Houthi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini