Sukses

Gempa M 2,4 Terdeteksi Dekat Lokasi Uji Coba Nuklir Korea Utara, Ada Peluncuran?

Gempa berkekuatan magnitudo 2,4 dilaporkan terjadi di dekat lokasi uji coba nuklir Korea Utara:

Liputan6.com, Pyongyang - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 2,4 dilaporkan terjadi di dekat lokasi uji coba nuklir Korea Utara pada hari Kamis 11 Januari 2024, menurut badan cuaca Korea Selatan, yang menganalisis gempa tersebut terjadi secara alami.

Gempa tersebut terdeteksi 41 kilometer (25 mil) barat laut Kilju, yang merupakan lokasi uji coba nuklir Punggye-ri, kantor berita Yonhap melaporkan seperti dikutip dari AFP, Jumat (12/1/2024).

Gempa bumi tersebut terdeteksi pada pukul 19:00 (10.00 GMT) pada kedalaman 20 kilometer (12 mil), menurut Korea Meteorological Administration (Administrasi Meteorologi Korea).

Antara tahun 2006 dan 2017, Korea Utara melakukan enam uji coba nuklir di fasilitas Punggye-ri.

Uji coba nuklir tahun 2017 sempat dilaporkan memicu gempa berkekuatan magnitudo 6,3 yang jauh lebih besar dan dirasakan di seluruh perbatasan Tiongkok.

Kilju juga dilaporkan telah dilanda serangkaian gempa bumi kecil dalam beberapa bulan terakhir.

Mengutip para ahli, Yonhap menyebut daerah sekitar Kilju menjadi lebih rawan gempa karena uji coba berulang kali oleh Korea Utara.

Pada pertemuan kebijakan akhir tahun Pyongyang, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengancam akan melakukan serangan nuklir terhadap Korea Selatan dan menyerukan peningkatan persenjataan militer negaranya menjelang konflik bersenjata yang ia peringatkan dapat "terjadi kapan saja".

Kim juga berhasil menempatkan satelit mata-mata ke orbit pada akhir tahun 2023 lalu, setelah menerima apa yang dikatakan Seoul sebagai bantuan Rusia, sebagai imbalan atas transfer senjata untuk perang Moskow di Ukraina.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

RAND Corporation: Korut Bisa Punya 200 Lebih Senjata Nuklir yang Ditimbun

Adapun uji coba nuklir pada tahun 2017 memicu kecaman global, sehingga Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengadopsi sanksi baru yang mencakup pembatasan pengiriman minyak.

Kelompok pemantau memperkirakan uji coba nuklir keenam menghasilkan kekuatan hingga 250 kiloton, yang berarti 16 kali lipat bom AS yang menghancurkan Hiroshima pada tahun 1945.

Setelah uji coba pada tahun 2017, Korea Utara mengklaim telah meledakkan bom hidrogen "dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya", dan mengatakan bahwa hal itu menandai "peristiwa yang sangat penting" dalam mencapai "tujuan akhir" untuk menjadi tenaga nuklir yang lengkap.

Pejabat intelijen AS memperkirakan pada tahun 2018 bahwa Pyongyang memiliki cukup bahan fisil – komponen inti senjata nuklir – untuk membuat 65 senjata, dan menghasilkan cukup bahan fisil untuk 12 senjata tambahan setiap tahunnya.

Laporan tahun 2021 dari RAND Corporation memproyeksikan bahwa Korea Utara dapat memiliki lebih dari 200 senjata nuklir dan ratusan rudal balistik yang ditimbun pada tahun 2027.​

3 dari 4 halaman

Adik Kim Jong Un: Korea Utara Akan Lancarkan Serangan Militer jika Musuh Melakukan Provokasi Sekecil Apa Pun

Sebelumnya, Korea Utara akan melancarkan serangan militer dengan segera sebagai respons terhadap provokasi apa pun. Hal tersebut disampaikan Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong Un, pada Minggu (7/1/2024), ketika negara itu dilaporkan menembakkan peluru artileri di dekat perbatasannya dengan Korea Selatan selama tiga hari berturut-turut.

Pada Sabtu (6/1), Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara telah menembakkan lebih dari 60 peluru artileri di dekat perbatasan laut mereka yang disengketakan, menyusul tembakan serupa yang berjumlah lebih dari 200 peluru pada hari sebelumnya.

Korea Utara, kata Korea Selatan, kembali menembakkan sekitar 90 peluru pada hari Minggu. Tentara Korea Utara mengatakan mereka tidak menimbulkan ancaman apa pun terhadap Korea Selatan karena latihan penembakan tersebut dilakukan sejajar dengan perbatasan.

"Sekali lagi saya perjelas ... Sebagaimana telah dinyatakan, Tentara Rakyat Korea (KPA) akan segera melancarkan serangan militer jika musuh melakukan provokasi sekecil apa pun," kata Kim Yo Jong, dalam pernyataan yang disiarkan kantor berita Korea Utara KCNA, seperti dilansir CNA, Senin (8/1).

Korea Selatan sendiri mengadakan latihan penembakan di laut pada Jumat (5/1) sebagai respons terhadap tembakan artileri Korea Utara. Namun, kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengatakan tidak ada rencana untuk melakukan hal tersebut setelah peristiwa pada Sabtu.

Latihan di kedua sisi perbatasan pada hari Jumat memicu peringatan bagi penduduk pulau-pulau perbatasan Korea Selatan untuk mencari perlindungan di tempat perlindungan bom. Tidak ada laporan mengenai peluru yang melintasi perbatasan maritim.

Dalam pernyataannya, Kim Yo Jong membantah penembakan artileri pada Sabtu dan mengatakan Korea Utara telah meledakkan bahan peledak sebagai taktik penipuan.

Militer Korea Selatan menolak pernyataan Kim Yo Jong sebagai perang psikologis tingkat rendah dan mendesak Korea Utara untuk menghentikan aktivitas militer yang meningkatkan ketegangan di dekat perbatasan.

4 dari 4 halaman

Korea Utara Tembak 200 Peluru Artileri, Korea Selatan Segera Evakuasi Warga Pulau Yeonpyeong

Sebelumnya lagi, Korea Utara menembakkan lebih dari 200 peluru artileri di dekat dua pulau yang ada di Korea Selatan pada Jumat (5/1), demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Seoul.

Korea Selatan kemudian memperingatkan bahwa tindakan tersebut mengancam perdamaian dan pihaknya akan merespons tindakan tersebut, dikutip dari laman NDTV.com, Jumat (5/1/2023).

Penduduk di kedua pulau tersebut kemudian diperintahkan untuk mengungsi.

Aksi ini digambarkan sebagai salah satu eskalasi militer paling serius antara kedua Korea sejak Korea Utara menembakkan rentetan peluru ke salah satu pulau tersebut pada tahun 2010.

Penembakan langsung ini menyusul peringatan berulang kali dari rezim Kim Jong Un di Pyongyang bahwa mereka siap berperang melawan Korea Selatan dan sekutunya, AS.

“Militer Korea Utara melakukan lebih dari 200 tembakan hari ini sekitar pukul 09:00 hingga 11:00 waktu setempat di wilayah Jangsan-got di bagian utara Pulau Baengnyeong dan wilayah utara, tepatnya Yeonpyeong Island," kata seorang pejabat kementerian pertahanan dalam sebuah pengarahan.

Kementerian mengeluarkan pernyataan tak lama setelah menyatakan: "Ini adalah tindakan provokatif yang mengancam perdamaian di Semenanjung Korea."

“Kami dengan tegas memperingatkan bahwa Korea Utara memikul tanggung jawab penuh atas krisis yang telah meningkat dan sangat mendesak mereka untuk segera menghentikan tindakan tersebut,” tambahnya.

“Militer kami memantau situasi melalui koordinasi erat dengan Amerika Serikat, dan akan mengambil tindakan yang tepat sebagai tanggapan terhadap provokasi Korea Utara.”

Pejabat lokal di pulau Yeonpyeong mengatakan kepada AFP bahwa warga sipil telah diminta untuk mengungsi, dan menggambarkan perintah tersebut sebagai “tindakan pencegahan”.

Pulau Yeonpyeong Korea Selatan terletak di Laut Kuning. Letaknya sekitar 80 kilometer sebelah barat Incheon dan 12 kilometer sebelah selatan garis pantai Provinsi Hwanghae, Korea Utara.

Pihak berwenang di Pulau Baengnyeong juga melaporkan perintah evakuasi di sana.

"Kami sedang membuat pengumuman evakuasi saat ini,” kata seorang pejabat distrik setempat di pulau Baengnyeong kepada AFP, sambil menambahkan bahwa dia telah diberitahu bahwa militer Korea Selatan akan segera melakukan latihan angkatan laut.

"Awalnya saya mengira itu adalah peluru yang ditembakkan oleh militer kami sendiri. Namun kemudian diberitahu bahwa itu adalah tembakan dari Korea Utara," kata Kim Jin-soo, seorang penduduk Pulau Baengnyeong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.