Sukses

Keren, Nenek 92 Tahun di AS Pecahkan Rekor Jadi Pemain Ski Air Tertua di Dunia

Guinness World Records (GWR) mengumumkan pada Kamis (11/1/2024) bahwa Dwan Young dari Fish Haven "secara resmi menjadi pemain ski air tertua di dunia."

Liputan6.com, Utah - Seorang wanita berusia 92 tahun di Utah, Amerika Serikat (AS), telah memecahkan rekor dunia sebagai pemain ski air wanita tertua.

Guinness World Records (GWR) mengumumkan pada Kamis (11/1/2024) bahwa Dwan Young dari Fish Haven "secara resmi menjadi pemain ski air tertua di dunia."

Lansia yang menyukai petualangan ini mulai bermain ski air ketika keluarganya membeli kabin di Bear Lake pada tahun 1961. Popularitas olahraga di danau tersebut, yang terletak di perbatasan Utah-Idaho sekitar 100 mil timur laut Salt Lake City, menginspirasi Young untuk mencobanya ketika dia berusia 29 tahun.

"Ski air mengajarkan saya bahwa ketika Anda memiliki tujuan, jangan menyerah," kata pemegang rekor tersebut kepada Guinness, seperti dilansir USA Today, Kamis (11/1). 

"Teruslah mencoba."

Setelah Young menguasai ski air dengan dua buah alat ski, dia mulai belajar cara bermain ski slalom, yang melibatkan penggunaan satu ski dan menavigasi serangkaian pelampung.

Setelah banyak mencoba berbagai usaha, Young akhirnya mampu melakukan ski tunggal, dan mengatakan itu adalah memori favoritnya ketika bermain ski air.

Young mengatakan kepada pihak Guinness bahwa dia menikmati bermain ski saat airnya tenang dan masih menyukai olahraga tersebut walaupun telah berjalan selama bertahun-tahun.

"Di dalam air, saya merasa bersemangat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutinitas Bersama Keluarga

Setiap tahun, Young dan keluarganya kembali ke Bear Lake. Anak-anaknya, cucu-cucunya, dan cicit-cicitnya semuanya bermain ski air bersamanya.

Pada Natal 2023, salah satu cucu perempuan Young memberinya hadiah istimewa: sertifikat berbingkai Guinness World Records yang menyatakan dia sebagai pemain ski air wanita tertua di dunia.

Young awalnya mengira itu hanya lelucon semata.

"Saya masih tidak bisa mempercayainya," katanya. "Sungguh sebuah kejutan dan suatu kehormatan."

3 dari 3 halaman

Ingin Terus Bermain Ski

Young mengatakan kepada Guinness bahwa tujuannya adalah untuk tetap sehat sehingga dia bisa bermain ski air lagi musim panas ini.

"Saya sangat beruntung memiliki kesehatan yang baik, yang memungkinkan saya menikmati hidup sepenuhnya," sambung dia.

Young juga menyampaikan nasehat kepada anak muda yang belum pernah mencoba ski air.

"Jangan takut untuk mencoba olahraga baru ketika sudah tua,” ujarnya. "Kamu lebih mampu dari yang kamu kira."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.