Sukses

Bangunan Seberat 220 Ton di Kanada Dipindahkan dengan Bantuan 700 Batang Sabun

Bangunan tersebut dipindahkan dengan memanfaatkan sifat licin dari ratusan batang sabun yang dipakai.

Liputan6.com, Ottawa - Sebuah bangunan berusia berabad-abad seberat 220 ton di Kanada direlokasi dengan bantuan 700 batang sabun.

Dilansir Straits Times, Minggu (24/12/2023), pemindahan gedung Elmwood yang tidak biasa di kota Halifax di pantai timur provinsi Nova Scotia dilakukan oleh perusahaan konstruksi S. Rushton pada awal Desember 2023.

"Setelah persiapan selama berminggu-minggu, pergerakan sejauh 30 kaki atau sekitar sembilan meter berjalan mulus seperti… sabun. Sekitar 700 batang," kata perusahaan itu dalam postingan pada tanggal 8 Desember di halaman Facebook-nya, disertai dengan video time-lapse dari upaya tersebut.

​Bangunan ini dibangun pada tahun 1826 sebagai tempat tinggal, sebelum dijadikan hotel 70 tahun kemudian. Bangunan ini kemudian menjadi gedung apartemen.

Elmwood dijadwalkan untuk dibongkar pada tahun 2018 tetapi sebuah perusahaan real estate, Galaxy Properties, menyelamatkannya dengan membeli gedung tersebut pada tahun yang sama.

Setelah membelinya, Galaxy Properties ingin merelokasi gedung 300 meter lebih dekat ke jalan dan menempatkannya di atas fondasi baru, dan menggabungkannya ke proyek apartemen hunian sembilan lantai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sadari Tantangan Memindahkan Gedung

Pemilik S. Rushton, Sheldon Rushton, menyadari tantangan untuk memindahkan bangunan berusia hampir 200 tahun tersebut, dan memutuskan untuk menggunakan sabun batangan Ivory untuk membantu upaya tersebut, merek yang menurutnya "paling lembut".

Istrinya bernama Leanne Rushton pun pergi ke 15 toko untuk membeli 700 batang sabun.

"Kami tidak menggunakan roller (tradisional), kami menggunakan sabun Ivory agar dapat meluncur dengan mulus," kata Rushton kepada lembaga penyiaran publik CBC Nova Scotia.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Sabun untuk Pindahkan Gedung

Batangan sabun ditempatkan pada lebih dari selusin balok baja di bawah bangunan. Beratnya bangunan ikut menghancurkan sabun hingga balok menjadi licin.

"Dengan bantuan dua ekskavator dan satu truk derek, bangunan tersebut ditarik ke lokasinya untuk memberi ruang bagi pondasi baru," kata Rushton.

"Elmwood akan dipindahkan lagi setelah fondasi barunya selesai dibangun," tambah dia.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan pertama kalinya sabun digunakan untuk memindahkan bangunan.

Departemen Transportasi Utah telah menggunakan sabun untuk memindahkan jembatan, yang terbaru adalah pada bulan April 2023, ketika mereka menggunakan 60 liter sabun cair untuk memindahkan jembatan seberat 2.400 ton sejauh 33,5m.

Pada tahun 2016, pekerja konstruksi di negara bagian Missouri, AS, juga menggunakan cairan pencuci piring untuk menggeser jembatan ke tempatnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini