Sukses

Bak Adegan Film, Bayi Ini Selamat dan Tersangkut di Pohon Tumbang Usai Tersapu Tornado

Keajaiban terjadi ketika bayi berusia empat bulan, Lord, ditemukan masih hidup di pohon tumbang setelah angin puting beliung menyeret ia dan ayahnya di wilayah Clarksville, Tennessee

Liputan6.com, Clarksville - Keajaiban terjadi ketika bayi berusia empat bulan, Lord, ditemukan masih hidup di pohon tumbang setelah tornado melanda wilayah Clarksville, Tennessee, AS pada malam tanggal 9 Desember 2023. 

Saat itu keluarga Sydney Moore rumahnya hancur oleh tornado.

Sydney Moore dan pasangannya, Aramis Youngblood, lantas berjuang untuk melindungi anak-anak dari terpaan angin tornado itu.

Dikutip dari Asia One, Kamis (21/12/2023), Aramis saat itu mencoba melindungi Lord yang tertidur pulas di ranjangnya lalu keduanya terseret dalam pusaran angin bersama puing-puing setelah tornado itu berhasil merobohkan atap rumah mereka. 

"Dia (Aramis) hanya berpegangan pada keranjang bayi sepanjang waktu, dan mereka berputar-putar," tutur Sydney.

Setelah kejadian tersebut, Lord dinyatakan hilang. Aramis pun bergerak mencari bayi perempuannya di antara puing-puing yang berserakan selama 10 menit meski bahunya sedang terkilir. 

Lord kemudian ditemukan sedang menangis di pohon tumbang, sekitar 9 meter dari tempat rumah mereka dulu berdiri.

"Itu seperti sebuah adegan dalam film. Saya ingat melihat Aramis berjalan di tengah hujan lebat, pakaiannya robek, dengan Lord di pelukannya," ucap Sydney.

Ibu berusia 22 tahun ini menjelaskan bahwa tornado datang tanpa peringatan, memaksa mereka untuk bertindak cepat demi keselamatan keluarga kecilnya. 

Sydney awalnya mendengar suara seperti sebuah pesawat terbang di atas mereka. Setelah menyadari apa yang tengah terjadi, ia dengan cepat untuk melindungi putranya yang berusia satu tahun, Princeton dengan cara melompat ke arahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak dari Badai di Tennesse

Sydney menggambarkan bagaimana ia bergerak melindungi putranya saat bencana ini.

"Sesuatu dalam diri menyuruh berlari dan melompat ke atas anakku. Saat aku melompat ke arahnya, temboknya runtuh," ungkap Sydney kepada media MSMV di Nashville.

Setelah insiden ini, keluarga Sydney meminta pertolongan dari petugas pertolongan pertama yang kemudian membantu untuk memanggil ambulans yang melewati daerah rumah mereka.

Petugas medis kemudian memeriksa Lord yang dilaporkan kondisinya sebagai "bayi yang sangat sehat", meskipun mengalami luka gores di wajahnya. 

Akibat tornado ini, keluarga Sydney kehilangan hampir semua barang-barang pribadi sehingga adik perempuannya membuka halaman penggalangan dana untuk membantu mereka pulih dan menemukan rumah baru.

Badai di Tennessee pada 9 Desember dikabarkan telah meninggalkan jejak kehancuran besar yang melibatkan setidaknya dua tornado, merenggut ratusan rumah dan menyebabkan ribuan orang mengungsi.

Tak hanya itu, badai ini juga menelan sedikitnya enam korban jiwa, termasuk seorang ibu dan balitanya. 

3 dari 4 halaman

60 Badai Tornado Hancurkan Sejumlah Negara Bagian di AS

Membahas tornado, sebelumnya Amerika Serikat juga sempat dilanda bencana mematikan ini. Sedikitnya 26 orang tewas setelah serangkaian badai tornado menghancurkan kota-kota di wilayah selatan dan barat tengah Amerika Serikat.

Dilansir BBC, Minggu (2/4/2023), rumah-rumah hancur dan ribuan orang mengalami putus aliran listrik setelah badai menyebabkan kehancuran di beberapa negara bagian.

Menurut Washington Post, lebih dari 60 badai tornado telah terjadi.

Negara-negara bagian termasuk Arkansas, Tennessee, Illinois, Indiana, Alabama, dan Mississippi semuanya memiliki korban jiwa akibat bencana tersebut.

Satu badai menghancurkan kota Wynne di Arkansas - sebuah komunitas sekitar 100 mil (170 km) di timur ibu kota negara bagian, Little Rock. Tornado di Little Rock terjadi saat serangkaian tornado menyapu bagian mid-west dan selatan.

US National Weather Service (Layanan Cuaca Nasional AS) telah memperingatkan risiko tinggi tornado di beberapa negara bagian sebagai akibat dari sistem badai besar.

Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat di negara bagiannya pada hari Jumat, dengan penjaga nasional diaktifkan untuk membantu upaya pemulihan.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Tornado Terjang Arkansas AS Hancurkan Bangunan hingga Bikin Mobil Terbalik, 93.000 Rumah Terputus Listrik

Tornado lain sebelumnya dikabarkan juga menghantam wilayah Little Rock yakni ibu kota negara bagian Arkansas, di Amerika Serikat (AS). Bencana ini menghancurkan bangunan dan menjungkirbalikkan mobil pada Jumat 31 Maret 2023 waktu setempat. Pejabat medis mengatakan mereka bersiap untuk merawat warga yang terluka, tetapi laporan jumlahnya belum dikonfirmasi.

Mengutip BBC, Sabtu (1/4/2023), tornado ini datang saat serangkaian tornado menyapu bagian mid-west dan selatan. US National Weather Service (Layanan Cuaca Nasional AS) telah memperingatkan risiko tinggi tornado di beberapa negara bagian sebagai akibat dari sistem badai besar.

Tornado ini terjadi setelah tornado mematikan yang melanda Mississippi pekan lalu yang menewaskan 25 orang.

Sejauh ini belum ada laporan kematian di Little Rock yang dikonfirmasi. Wali kota Little Rock - kota terbesar Arkansas - mengatakan tidak ada kematian yang dikonfirmasi.

Menulis di Twitter Wali Kota Frank Scott, Jr. berkata: "Saat ini, kami mengetahui 24 orang yang telah dirawat di rumah sakit Little Rock dan kami tidak mengetahui adanya kematian di Little Rock saat ini.

 

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini